Peristiwa

Hujan Deras, Pohon Tumbang


MARON – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Probolinggo, Sabtu (8/2) malam. Di Kecamatan Maron bahkan ada pohon besar tumbang melintang jalan sekitar pukul 19.30.

Pantauan Koran Pantura, hujan deras terjadi sejak pukul 17.00. Desa Kalianan, Kecamatan Krucil sudah diguyur hujan pada waktu itu.

Hujan makin deras ketika masuk waktu Maghrib hingga Isya’. Bahkan hujan deras itu membuat pohon roboh di Desa Gerongan, Kecamatan Maron, tepatnya di depan perumahan Griya Majapahit.

“Saya mau ke Desa Satreyan (Kecamatan Maron). Tapi susah mau lewat karena pohon tumbang ini,” kata Sholeh, warga Desa Condong, Kecamatan Gading kepada Koran Pantura, Sabtu (8/2) malam.

Koran Pantura berada di lokasi kejadian pada pukul 19.45. Para pengendara yang datang baik dari arah Condong maupun Pajarakan harus memutar balik kendaraannya. Sebab, pohon besar yang tumbang itu tak menyisakan ruang jalan. “Terpaksa memutar lewat perumahan itu,” kata Sholeh.

Beberapa pengendara menempuh jalur itu walaupun dengan susah payah. Di area perumahan tersebut juga sudah tergenang air. Bahkan, motor milik Sholeh mogok karena businya kemasukan air.

“Mau keluar ke jalan raya juga harus melewati selokan yang penuh air. Pengendara lain saling bantu membuat jembatan sederhana dari potongan kayu di pinggir jalan. Itu biar bisa dilewati motor,” ujarnya.

Namun pilihan yang ditempuh Sholeh tidak diikuti semua pengendara. Ada yang memilih balik kanan untuk mencari jalan lainnya. Seperti yang dari Condong akan ke Kraksaan melewati Desa Wangkal Kecamatan Gading, atau yang hendak ke Pajarakan harus lewat Maron Kidul Kecamatan Maron.

Udin, warga Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton salah satunya. Dia hendak ke rumah saudaranya di Desa Maron Kidul. Ia biasanya lewat jalur Ponpes Genggong ke selatan, sampai Condong ke arah barat.

“Saya sudah sampai Gerongan. Eh, enggak tahunya ada pohon roboh. Ya saya putar arah, lewat Desa Brani ke barat, terus ke selatan. Ya memang lebih jauh, tapi mau gimana lagi. Wong, pohonnya belum ada yang motong, tetap utuh di jalan begitu,” tutur bapak 2 anak tersebut.

Selain mengakibatkan pohon tumbang, hujan deras juga membuat sejumlah wilayah selatan Probolinggo padam listrik. Sekitar pukul 19.00-21.00, wilayah Desa Condong Kecamatan Gading hingga Desa Selogudig Wetan Kecamatan Pajarakan mengalami pemadaman listrik. (awi/eem)


Bagikan Artikel