Peristiwa

Gedung Nyaris Roboh, Siswa SD Belajar dalam Tenda


PAKUNIRAN – Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang berada di Desa Gunggungan Lor, Kecamatan Pakuniran terlihat memprihatinkan. Hal itu tidak terlepas dai beberapa gedung yang nyaris roboh. Akhirnya, sejak Rabu (8/1) murid-murid dari sekolah tersebut kini melakukan aktivitas belahar-mengajar di dalam tenda.

Kepala sekolah (Kepsek) dari sekolah tersebut Andri mengatakan, tenda yang digunakan merupakan tenda bantuan dari badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Adanya bantuan tersebut tidak terlepas dari hasil koordinasinya dengan pihak kecamatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo.

“Kami sekarang aktivitas belajarnya menggunakan tenda, karena ada rekomendasi untuk tidak menggunakan ruang kelas dulu, sebab dikhawatirkan roboh. Apalagi sekarang musim hujan,” katanya, Rabu (8/1).

Ia mengaku sangat bersyukur dengan adanya tenda bantuan dari BPBD tersebut. pasalnya dengan adanya tenda itu, pihaknya tidak lagi khawatir jika sewaktu-waktu sekolah tersebut ambruk.

“Kami khawatir, takut kalau sewaktu-waktu langit-langit eternit jatuh, makanya kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan tenda ini. Karena kami bisa melangsungkan kegiatan belajar-mengajar dengan tenang,” katanya.

Andri menjelaskan, dari bantuan 3 tenda yang ada, ada 5 kelas yang belajar di dalam tenda tersebut. Mulai dari kelas I – V. Sedangkan untuk kelas VI, aktivitas belajarnya masih bisa ditempatkan di teras kantor sekolah.

“Tenda 1 untuk kelas I dan II, tenda 2 untuk kelas III dan IV. Tenda 3 untuk kelas V, dan yang kelas VI masih bisa di teras kantor,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD setempat Anggit Hermanuadi mengatakan, bantuan tersebut diberikan karena pada beberapa waktu yang lalu sebagian atap sekolah tersebut ada yang amruk. Beruntungnya saat itu sedang tidak terjadi aktivitas sekolah.

“Beberapa waktu yang lalu atap ruang SDN Gunggungan Lor ada yang ambruk. Untungnya waktu itu siswa sudah pulang sekolah, jadi tidak ada korban,” katanya. (ay/ra)


Bagikan Artikel