Peristiwa

Pulang Ngarit Diserempet KA, Kakek Napi Tewas


PROBOLINGGO – Tak ada yang menduga, kalau Kamis (2/1) sekitar pukul 07.30 ajal akan menjemput Napi (70). Bapak yang tinggal di Desa Palang Besi, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo itu meninggal, setelah dihantam kereta api (KA).

Peristiwa kecelakaan tersebut berlangsung di barat Rumah Makan Bromo Asri, jalan raya jurusan Probolinggo-Surabaya, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, kabupaten setempat.

Pria yang sudah memiliki cucu ini diserempet KA Logawa Jurusan Jember-Purwokerto, setelah melintas rel.Keterangan yang di dapat di lokasi kejadian menyebut, Napi pagi itu bersama adik perempuan dan menantunya serta 3 tetangganya, tengah ngarit atau mengambil daun jagung. Bukan untuk ternaknya sendiri, melainkan bekerja untuk orang lain.

Begitu Napi, mengalami musibah dan meninggal di lokasi kejadian, mereka tidak melanjutkan pekerjaannya. Dengan mengendarai kendaraan terbuka atau pickup, mereka meluncur ke RSUD Tongas. Sedang sebagian daun jagung yang sudah diatas kendaraan bernopol S 8291RB, diturunkan alias tidak ikut dibawa.

“Saya tidak tahu pasti. Saat kejadian saya ada di lahan jagung. Katanya sih diserempet. Makanya jasadnya utuh,” ujar seorang ibu yang ikut rombongan ngarit.

Sementara itu, Kapten Mohammad Kholil Kepala Polisi Khusus (Polsus) KA menjelaskan, korban diserempet KA Logawa di Km 91+5/6 setelah melintas rel. Napi dari arah utara jendak ke selatan menaruh daun jagung yang disungginya ke pickup.

“Jadi setelah melintas rel, Napi diserempet. Bukan ditabrak. Terus roboh ke bebatuan,” jelasnya. Dipastikan, korban saat melintas di rel tanpa melihat atau menengok kiri-kanan. Sedang KA yang datangnya dari timur hendak ke barat terlalu dekat.

Daun jagung yang disunggi bagian belakang kena serempet KA. “Pastinya korban nyelonong begitu saja. Ya, tanpa tengok kanan-kiri. Korban meninggal di lokasi kejadian,” ujarnya.

Hal senada diungkap  Saidi warga setempat. Korban bersama beberapa orang tengah ngarit daun jagung yang sudah menguning. Bagitu Napi lolos dari rel, langsung dihantam KA. Akibatnya, ia meninggal dunia di lokasi kejadian.

“Saya tidak tahu pasti. Informasinya seperti itu. Korban dari arah utara hendak ke selatan. Mungkin enggak tolah-toleh,” katanya singkat. (gus/ra)


Bagikan Artikel