Peristiwa

Jutaan Ulat Serang Perumahan Warga


DRINGU – Jutaan hama ulat daun atau Heortia vitessoides Moore muncul di perumahan warga. Hama ulat itu menyerang ratusan pohon Bintaro dan Palem yang berada di perumahan Graha Buana Asri Desa Randuputih, Kecamatan Dringu.

Berdasarkan pantauan Koran Pantura, jutaan ulat bewarna kuning dan berkepala hitam tersebut, tampak bergerombol pada bagian bawah batang pohon dan terus berjatuhan dari tangkai pohon yang daunnya telah habis dimakan ulat.

“Ulat ini muncul sejak bulan November lalu, tapi jumlahnya tak sebanyak ini. Tidak sampai mengganggu dan menimbulkan gatal. Tapi kehadiran ulat itu sangat menkhawatirkan karena jumlahnya yang sangat banyak,” ungkap Puji (35) salah satu petugas keamanan perumahan setempat, Senin (30/12).

Dijelaskannya hama ulat daun itu tak hanya menggerogoti daun pepohonan yang ditanam di dalam perumahan. Tapi juga menggerogoti batang pohon yang berada disekitar perumahan yang berada ditepian jalur Pantura tersebut.

“Kalau dianggap mengganggu warga yang tinggal di perumahan ini. Bisa dikatakan tidak, karena ulatnya tidak sampai masuk dalam rumah. Tapi warga perumahan risih kalau pas melihat jumlahnya yang sangat banyak,” jelasnya.

Belum ada rencana dari developer perumahan untuk membasmi ulat tersebut dengan disemprot pestisida. Puji menyebut kalau pihaknya kantornya masih belum berpikir sampai ke sana. “Nanti biar hilang sendiri, mungkin ini siklus alam karena masuk musim penghujan,” tandasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel