Peristiwa

Siswi Magang Nyaris Diperkosa


SUKAPURA – Seorang siswi salah satu SMK Negeri di Kabupaten Probolinggo nyaris diperkosa di tempat magangnya, Sabtu (21/12) lalu. Syukur saja siswi berinisial IR (16) asal kecamatan Lumbang itu berhasil meloloskan diri dari cengkraman PAJ (19), warga Desa Purut Kecamatan Sukapura. PAJ merupakan tukang kebun di tempat IR magang di Sukapura.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koran Pantura, perkosaan itu nyaris terjadi di salah satu warung di area taman Puthuk Hidden Park di Dusun Ngeteh, Desa/Kecamatan Sukapura. IR selama beberapa waktu ini tengah melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) atau permagangan di salah satu taman wisata di kecamatan Sukapura tersebut.

Menurut Kasat Resktim Polres Probolinggo AKP Rizki Santoso, mulanya IR sekitar pukul 07.45 datang ke taman Puthuk Hidden Park yang merupakan tempat magangnya. Sebelum kedatangan IR, ternyata sudah ada PAJ yang sedang membersihkan rumput liar.

“Dari keterangan korban, dia didatangi tersangka pada saat tengah berada di salah satu warung yang ada di taman. Karena curiga, lantas korban berusaha keluar warung. Namun ternyata dihalangi oleh tersangka,” ungkap AKP Rizki, Minggu (22/12).

Karena korban berusaha kabur, akhirnya PAJ memegangi kedua tangan korban dan coba menariknya secara paksa ke dalam kamar warung itu. Korban pun berteriak minta tolong. Tetapi kondisi taman yang masih sepi membuat tak satu pun pengunjung atau warga mendengar teriakan korban. 

“Menyadari kalau teriakannya tak kunjung mendapat respon warga, sedangkan aksi tersangka yang makin beringas dan mengancam keselamatannya, akhirnya korban dengan berani menendang bagian kaki dan memukul kepala tersangka dengan HP miliknya,” jelas AKP Rizki.

Berkat perlawanannya itu, korban berhasil lepas dari sergapan PAJ, lalu langsung keluar dari warung itu dan kembali berteriak minta tolong. Kali ini tetiakannya berhasil didengar warga hingga ramai berdatangan. Setelah mendengar pengakuan korban, warga pun langsung mengantarkannya ke Polsek Sukapura.

“Warga yang tahu ada korban minta tolong langsung amankan korban ke Mapolsek Sukapura. Kemudian bersama anggota polsek, warga amankan tersangka,” terang Kasatreskrim. 

Saat itu juga pelaku berhasil diamankan oleh warga dan dibawa ke Polsek Sukapura. PAJ yang berstatus tersangka, kemudian dilimpahkan ke Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Polres Probolinggo. “Tersangka sudah kami amankan di mapolres. Selanjutnya penanganan kasus ini akan dilakukan oleh unit PPA,” terang AKP Rizki. (tm/iwy)


Bagikan Artikel