Peristiwa

Laka Renggut 1 Nyawa, Belasan Luka


PROBOLINGGO – Kecelakaan adu muka antara truk dan kendaraan minibus L 300 terjadi di Jalan Raya Banjarsari, Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Selasa (26/11). Kecelakaan ini mengakibatkan satu orang meninggal dunia, dan belasan lainnya terluka.

Berdasar informasi yang dihimpun Koran Pantura, kecelakaan tersebut terjadi pukul 21.30. Seluruh korban (selengkapnya baca infografis, red) dibawa ke RSUD Tongas. Dan seusai dirawat, para korban yang terluka ringan, diizinkan langsung pulang.

Sedangkan pengemudi minibus nopol P 1941 EJ yang meninggal dunia, yaitu Sudarsono (59), malam itu disemayamkan di kamar mayat RSUD Tongas. Sudarsono merupakan warga Dusun Tenggir Barat RT 02 RW 07, Desa Tenggir, Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo.

Menurut Hadi Cahyono, seorang warga sekitar lokasi kecelakaan, truk dan minibus itu beradu muka. Truk bernopol  P 9303 VC yang dikemudikan Suhadi (47), mulanya melaju dari arah timur, dan mendahului kendaraan lain.

Sedangkan dari barat melaju minibus yang dikemudikan Sudarsono. Kedua kendaraan dari arah berlawanan tersebut kemudian bertabrakan adu muka. Truk yang makan marka jalan menghantam minibus berisi 11 orang.

“Mungkin truknya terlalu cepat, sehingga kendaraan yang dari barat tidak sempat menghindar. Saya tidak tahu ada yang meninggal atau tidak. Semuanya dibawa ke RSUD Tongas,“ kata Hadi Cahyono di lokasi kejadian.

Truk yang mengangkut barang dan orang itu ringsek bagian kabinnya. Sedangkan minibus yang bercat biru juga ringsek. Bahkan, pengemudi dan penumpang disebelahnya, agak sulit dikeluarkan. “Atas bantuan warga, mereka bisa keluar. Kalau soal dari mana dan hendak ke mana kedua kendaraan itu, saya tidak tahu,” ujar Hadi Cahyono.

Diperoleh informasi, kedua kendaraan itu sama-sama dari Situbondo. Bedanya, truk akan ke Madura, sedang minibus dalam perjalanan pulang setelah dari Pamekasan Madura. Rombongan ini disebutkan pulang dari acara mengantar lamaran. Sudarsono meninggal beberapa saat setelah dirawat tim medis RSUD.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Tavip Hariyanto mengatakan, truk dari arah timur melaju dengan kecepatan tinggi. Mendekati lokasi kejadian, truk mendahului kendaraan di depannya. Pada saat bersamaan, dari arah barat, melaju minibus. “Tabrakan tidak bisa dihindari. Adu depan,” katanya.

Menurut AKP Tavip, pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut kejadian ini.  “Kejadian ini masih kami dalami dan selidiki,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel