Peristiwa

Usir Lebah di TK IT Permata


PROBOLINGGO – Anak-anak PAUD dan TK IT Permata di Jalan MT Hariyono Gg 1 Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo akhirnya bisa bermain dan belajar dengan nyaman lagi. Sebab, tempat belajarnya sudah terbebas dari lebah yang bersarang di dalam boks salon atau sound.

Sarang lebah itu kemarin (26/11) siang sudah diambil dan dibawa petugas Damkar (Pemadam Kebakaran) Kota Probolinggo. Oleh petugas, sarang lebah itu tidak dimusnahkan dengan cara dibakar, tetapi lebah diusir dan sarangnya diambil.

Muhlizawati, admin TK dan Kelompok Bermain (KB) Islam Terpadu Permata mengatakan, awalnya tidak mengetahui kalau di lembaganya ada sarang tawon. Pihak TK baru mengetahuinya setelah mendapat laporan dari salah satu pengajar.

Muhlizawati kemudian diperintah menghubungi unit Damkar Kota Probolinggo. Menurutnya, sudah sekitar 2 bulan tawon bersarang di salon gantung di luar ruangan itu. Liza, begitu Muhlizawati disapa, mengaku heran karena sarang lebah tersebut baru dilaporkan baru-baru ini. “Mungkin yang melapor juga baru tahu. Ya, untunglah selama 2 bulan, anak-anak tidak ada yang disengat,” tandasnya.

Menurutnya, ada salah satu wali murid dan guru yang mengetahui kalau Juli lalu ada lebah berterbangan di areal TK. Namun, mereka membiarkannya lantaran jumlahnya tidak begitu banyak dan sarangnya belum diketahui. “Baru hari ini diketahui sarangnya. Didalam boks speaker. Langsung kami menghubungi Damkar,” kata Liza.

Sementara itu, petugas Damkar kemarin tidak membutuhkan waktu lama untuk mengevakuasi sarang lebah tersebut. Selain jenis tawon tidak membahayakan, lokasi sarangnya mudah dijangkau.

Dibantu beberapa wali murid, sarang lebah tersebut berhasil diturunkan dan dievakuasi ke luar TK. “Tidak perlu dibakar. Cukup dibuka speakernya. Dan tawon akan keluar cari tempat lain,” ujar salah satu petugas Damkar. (gus/iwy)


Bagikan Artikel