Peristiwa

Truk Terguling di Galian Proyek

PROBOLINGGO – Galian proyek perbaikan jalan rigid di Jl Panglima Sudirman, Kota Probolinggo, menelan korban. Sebuah truk tronton bermuatan batu ringan, Kamis (14/11) sore terperosok dan terguling di timur traffic light Randupangger, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00. Tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya, pengemudi truk yang hendak mengantar muatan ke Sragen, Jawa Tengah itu sempat syok. Kerugian material ditaksir sekitar sekitar Rp 30 juta.

Kejadian tersebut sempat memacetkan kendaraan dari awah barat dan timur. Truk dari timur bergerak merayap, lantaran akses jalan tinggal separo.  Kendaraan besar harus berbelok ke kanan (utara), lewat Jalur Lingkar Utara (JLU) Jalan Raden Wijaya. Namun, kendaraan dari arah barat menumpuk lantaran menunggu kendaraan berat dari timur menyeberang masuk JLU.

Seger (58), seorang warga setempat yang berjualan mie ayam di dekat kejadian mengatakan, truk tronton bermuatan penuh yang terguling itu sebelumnya melaju dari arah utara   (JLU). Sampai di pertigaan, truk berbelok ke kanan atau barat. Tetapi karena haluannya terlalu ke kanan, truk bernopol L 8187 UR itu menghantam ujung median jalan. “Menghantam ujung median jalan, lalu banting ke kiri dan masuk ke galian,” katanya.

Sementara, sopir truk Jumail (53), warga Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, tidak bersedia diwawancarai setelah kejadian itu.  Ia mengaku masih pusing. Sedangkan beberapa karyawan truk tampak sibuk membuka pengikat batu ringan. Tujuannya agar muatan itu tumpah, sehingga tidak membebani truk saat dievakuasi dengan alat berat.

Sementara, Budi Haryanto (39) selaku pemilik truk mengatakan, truknya selesai mengambil batu ringan di PT AFU (Amak Firdaus Utomo) di Mayangan. Truk itu kemudian lewat JLU dan hendak mengantar muatannya ke Sragen. Ternyata truk tersebut terguling.

Atas kejadian tersebut, Budi mengaku merugi sekitar Rp 30 jutaan. “Kami jasa pengangkut barang. Truk ini sebelum ke Sragen, mampir dulu ke garasi di Jorongan,” ujar Budi kemarin. (gus/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan