Peristiwa

Gagalkan Pencurian Ayam, Tak Sadar Telanjang


PROBOLINGGO – Pencuri yang beraksi di rumah Santoso (45), warga Jl Brantas Kelurahan/Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Rabu (13/11) pagi, sedang kena batunya. Setelah gagal mencuri seekor ayam milik Santoso, pencuri itu malah harus kehilangan sepeda motornya.

Sepeda motor Honda Beat warna merah putih bernopol N3246 NG yang dia pakai beraksi, kini diamankan di markas Polsek Kademangan. Si pencuri itu sendiri kini jadi buronan polisi.

Saat ditemui di rumahnya, kemarin siang, Santoso mengaku sampai harus berkelahi dengan pencuri demi mempertahankan ayamnya. Terlebih, ayam Bangkok itu pernah ditawar seharga Rp 800 ribu. “Ini ayam yang mau dicuri. Pernah ditawar Rp800 ribu, tapi enggak saya kasih,” kata Santoso yang kemarin didampingi istrinya.

Santoso yang tinggal di Jalan Brantas, Gang Toyo Arum, RT 1 – RW 1 Kelurahan/Kecamatan Kademangan itu mengatakan, aksi pencurian ayam terjadi di pekarangan kosong milik tetangganya.

Bapak satu anak itu mulanya hendak mandi. Tubuhnya sudah terbalut handuk saja. Tapi saat hendak masuk kamar mandi, Santoso mendengar ayam berkokok. Karena suara kokok ayam itu tak lazim, Santoso jadi curiga.

Ia memilih mengurungkan niatnya mandi pagi. “Saya curiga karena keluruknya, beda. Saya lalu keluar, hanya pakai handuk. Enggak pakai celana dalam,” ujarnya berterus terang.

Di luar rumah, Santoso melihat seorang pria mengendap-ngendap menggotong dan mencekik ayam jago miliknya agar tidak bersuara. Ayam itu kemudian dimasukkan ke karung plastik. Lalu pelaku tergesa-gesa menuju sepeda motornya. “Saat naik sepeda motor, saya tarik. Pelaku lepas dari kendaraannya dan berkelahi dengan saya. Pelaku saya banting,” ujar Santoso.

Pelaku bisa bangun, lalu kabur dengan sepeda motornya. Tetapi Santoso tak ingin buruannya lolos. Santoso berhasil memegang bodi motor itu hingga terhenti. “Begitu berhenti, sepeda motor saya angkat. Saya banting bersama orangnya. Pelaku jatuh dan kabur. Ternyata, saat berkelahi itu saya sudah telanjang. Handuk lepas, tapi tak terasa,” kata Santoso lalu terkekeh.

Santoso baru sadar dalam kondisi telanjang, setelah diberi tahu istrinya. Si istri langsung melempar handuk agar dipakai suaminya menutupi kemaluannya. “Setelah saya lihat, ternyata di dalam karung (yang dibawa pencuri, red) sudah ada 2 ekor ayam. Satu milik saya, yang satu milik tetangga, Jimin,” kata Santoso.

Selanjutnya, bantuan tetangganya yang berprofesi sebagai polisi, akhirnya kejadian itu ditangani Polsek Kademangan. Pelaku kabur dan meninggalkan sepeda motornya. “Jadi, motornya sudah diamankan polisi,” ujar Santoso.

Sementara itu, seorang anggota Polsek Kademangan membenarkan sudah mengamankan sepeda motor pelaku pencurian ayam. “Tapi pencurinya kabur. Identitasnya belum kami ketahui,” ujarnya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel