Peristiwa

Cari Ikan, Dapat Granat Aktif

SUMBERASIH – Warga Dusun Sirian, Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih digegerkan dengan penemuan 1 unit granat aktif, Selasa (22/10). Granat jenis nanas itu ditemukan di aliran sungai Kedung Pawon oleh Dofir, salah seorang pencari ikan asal desa setempat.

Saat dikonfirmasi Koran Pantura, Dofir mengaku granat itu ditemukannya sekitar pukul 15.00. Posisinya di dalam lumpur sungai Kedung Pawon yang tengah surut lantaran musim kemarau. Pada saat debit sungai turun, ikan pun berkumpul dan mudah untuk ditangkap oleh para pencari ikan.

Granat ditemukannya sekitar pukul 15.00, posisinya di dalam lumpur sungai Kedung Pawon. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)

“Saat itu saya mau menjaring ikan di sungai Kedung Pawon. Tetapi tiba-tiba saya melihat ada benda aneh mirip batu yang berada di atas lumpur. Karena penasaran, langsung saya ambil dan ternyata itu granat,” ungkap Dofir, kemarin.

Dijelaskannya setelah mengetahui jika granat temuannya itu berbahaya. Lantas dia memberitahukan temuannya tersebut kepada warga sekitar. Alhasil, kabar yang beredar dari mulut ke mulut itu akhirnya sampai pada Babinsa desa setempat.

“Karena takut meledak, granat itu saya amankan dan letakkan di tepi sungai, sambil menunggu petugas dari Polsek dan Koramil datang,” jelas Dofir. 

Sementara itu, Babinsa Desa Sumberbendo Serda Sahla mengatakan, granat nanas yang ditemukan sore itu masih aktif. Dari cirinya, granat nanas itu diperkirakan berasal dari tahun 2000-an, “Untuk sementara granat tersebut kami amankan di Mapolsek Sumberasih sekarang,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan