Peristiwa

Kebakaran di Bulujaran Lor Akibat Korsleting Listrik

TEGALSIWALAN – Peristiwa kebakaran yang menyebabkan 2 rumah ludes terbakar dan merusak 3 rumah lainnya di Dusun Sabtuan, Desa Bulujaran Lor, Kecamatan Tegalsiwalan, Kamis (17/10) siang, diduga kuat akibat korsleting listrik yang terjadi di rumah salah satu korbannya.

Kasi Penanggulangan Kebakaran pada Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo Su’ud mengungkapkan, berdasarkan keterangan sejumlah warga dan pemilik rumah, bahwa api berasal dari dalam rumah Niri. Selanjutnya kobaran api membesar dan mulai merembet ke rumah di samping kiri dan kanannya.

“Dugaan kami jika melihat karakteristiknya diakibatkan hubungan arus pendek atau korsleting pada rumah pertama, yang kemudian menyebabkan kebakaran,” ungkapnya, Kamis (17/10).

Dijelaskannya lebih lanjut, pasca api membesar, kobaran api mulai merembet dan menghanguskan 2 unit rumah, termasuk rumah penyebab dan rumah yang berada tepat di sampingnya.

“Material bangunan yang terbuat dari kayu dan bahan yang mudah terbakar serta terpaan angin, semakin membuat kebakaran itu dengan cepat merembet ketiga rumah lainnya yang letaknya juga beriringan,” paparnya.

Namun berkat kesigapan petugas damkar setelah dihubungi oleh warga, kobaran api dapat segera dijinakkan dalam kurun waktu sekitar 1 jam usai petugas damkar tiba di lokasi. “Ini pelajaran bagi kita semua agar lebih berhati-hati dalam memasang instalasi listrik. Pergunakan kabel yang berkualitas dan pemasangannya ditata rapi. Jika rumah hendak ditinggal, sebaiknya pastikan peralatan elektronik dalam kondisi mati,” imbau Su’ud. (tm/awi)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan