Peristiwa

Pengungsi Wamena Datang Lagi


PROBOLIGGO – Gelombang pengungsi asal Wamena terus berdatangan. Terbaru dalam waktu 2 hari kedepan terhitung mulai hari ini (15/10) hari ini dan besok (16/10), akan ada puluhan pengungsi datang.

Perantau Papua asal kabupaten Probolinggo tersebut akan tiba menggunakan 2 unit kapal laut. Dijadwalkan kapal yang ditumpangi, bersandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Tagana Kabupaten Probolinggo Cholifah. Menurutnya ada data manifes salah satu kapal yang diterimanya. Tercatat ada sebanyak 9 warga asal kabupaten Probolinggo yang menaiki kapal laut pertama yang akan tiba Selasa hari ini,

“Di manifesnya disebutkan ada 9 orang warga kabupaten Probolinggo. Kami sudah siapkan penjemputannya bersama dengan Dinsos Kabupaten Probolinggo tentunya,” ungkapnya, Senin (14/10).

Sementara itu, terkait kapal kedua yang mengangkut pengungsi diinformasikan oleh Kades Jorongan Kecamatan Leces Masuni. Dia menyebutkan bahwa dalam rombongan kapal kedua tiba pada Rabu (16/10), ada sebanyak 36 orang warga Desa Jorongan yang telah mengkonfirmasi kepulangannya menggunakan kapal bantuan pemerintah pusat tersebut. “Di kapal kedua ada kurang lebih sebanyak 36 orang warga Jorongan,” sebutnya.

Terpisah, terkait rencana kedatangan kedua kapal pengangkut pengungsi tersebut Kabid Limjamsos Dinsos Kabupaten Probolinggo Sujianto angkat bicara. Dia mengatakan guna mengantisipasi kedatangan puluhan pengungsi tersebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah petugas.

Mereka akan memfasilitasi penjemputan ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. “Informasinya sudah kami dapatkan, armada penjemputannya juga sudah kami siapkan untuk dua hari kedepan,” pungkas Sujianto. (tm/ra)


Bagikan Artikel