Peristiwa

Popok di Sungai Popok Dibersihkan


BESUK – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo merespons menumpuknya popok bekas di Sungai Popok di Desa Alaskandang, Kecamatan Besuk. Sejumlah tenaga kebersihan dikerahkan untuk membersihkan sungai tersebut, Senin (30/9).

Kegiatan pembersihan dipimpin oleh Juru Pengairan Besuk Selamet. Ia mengatakan, pihaknya menugaskan 4 tenaga untuk melakukan pembersihan. Ia mengaku menerima perintah pembersihan pada kemarin pagi. “Mungkin sudah diketahui oleh kepala dinas, sehingga tadi pagi saya diperintahkan untuk melakukan pembersihan ini,” katanya.

Ia menyampaikan, pihaknya hanya melakukan pembersihan. Sedangkan pengangkutan sampah ia pasrahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. “Kami hanya membuang ke kanan kiri sungai saja karena kami tidak menemukan tempat untuk pembuangan. Seterusnya terserah DLH yang mau membuangnya ke mana,” kata Selamet.

Menurutnya, tumpukan popok di sungai tersebut sudah terjadi selama bertahun-tahun setiap kali musim kemarau tiba. Selamet bahkan meyakini bahwa warga akan kembali membuang popok pada hari ini.

“Ini sekarang (kemarin) bersih, besok (1/10) pasti ada lagi. Karena yang membuang itu ada yang menggunakan motor, ada juga yang menggunakan mobil. Makanya saya harap ke belakang dinas bisa memasang papan imbauan di sini agar yang sadar tidak membuang di sini, dan yang tidak sadar bisa sadar,” harapnya.

Syamsuddin, warga setempat berharap DLH bisa segera mengangkut sampah tersebut. Tujuannya agar warga tidak mengira tumpukan sampah yang dibersihkan itu sebagai tempat pembuangan sampah. Sehingga mereka tidak kembali membuang popok di sungai itu. “Eman kalau hanya dibersihkan sungainya saja. Popoknya ini sekalian cepat diangkut biar bersih sekalian,” katanya. (ay/eem)


Bagikan Artikel