Peristiwa

Hiu Tutul Nyasar di Kanal PLTU

PAITON – Seekor hiu tutul nyasar masuk area kanal air PLTU Paiton, Kamis (12/9) siang. Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (BPSPL KKP) menyebut spesies ikan bernama latin rhincodon typus itu kemungkinan besar tersesat setelah terpisah dari kelompok migrasinya.

Kepala BPSPL KKP Denpasar Suko Wardono mengatakan, pihaknya telah mengirim tim untuk mengecek keberadaan hiu nahas tersebut. “Sejam yang lalu kami telah mengirimkan anggota untuk mengecek ke lokasi. Saat ini kemungkinan masih dalam perjalanan,” ungkap Suko, Kamis (19/9).

Menurutnya, peristiwa serupa sudah pernah terjadi sebelumnya. Tepatnya pada pada 28 Agustus 2018 lalu. “Saat itu petugas keamanan setempat berhasil menghalau hiu tersebut menggunakan speed boat,” ujarnya. 

Namun, tak disangka kemarin kejadian serupa terulang. Bahkan oleh salah satu petugas sempat mengabadikannya dalam rekaman video. Dalam video berdurasi 30 detik itu, hiu nampak berenang di permukaan kanal PLTU. “Iya benar video itu juga sempat kami lihat,” kata Wardono.

Saat ini, hiu tutul juga kerap muncul  di sejumlah titik perairan Probolinggo. Salah satunya di sekitaran dermaga baru Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Di dermaga bongkar muat peti kemas itu, hiu tutul kerap muncul dan berenang di sekitaran kapal tunda atau tugboat yang tengah sandar.

“Bulan ini memang sudah waktunya bagi kawanan hiu itu muncul, karena sudah masuk dalam fase migrasi tahunan dari perairan di sekitaran Australia ke perairan Probolinggo yang kaya plankton sebagai makananannya,”sebut Wardono.

Adapun untuk mencegah kejadian masuknya ikan hiu tutul ke dalam kanal, pihak BPSPL KKP akan meminta kepada pengelola PLTU Paiton agar membuat sekat atau jeruji besi. Dengan demikian tidak ada lagi hiu atau mamalia lainnya yang sampai nyasar masuk area berbahaya tersebut. “Akan kami cek dulu apakah ada (sekat, red) atau tidak. Kalau tidak ada, akan nanti akan kami usulkan agar dibuat,” ujar Wardono. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan