Peristiwa

Bakar Sampah, Gudang Kayu Hangus


KRAKSAAN – Sebuah gudang kayu bekas milik Benni Handoyo (87), warga Kelurahan Kraksaan Wetan Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo, hangus dilalap si jago merah, Senin (22/7) siang. Kebakaran ini disebutkan dipicu oleh pembakaran sampah di samping gudang tersebut.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu, Benni tengah tidur di rumahnya. Karena sakit, Benni memasrahkan pekerjaan rumah pada seorang tukang kebunnya, yaitu Pak Su.

Setelah bersih-bersih bagian belakang rumah, Pak Su berlanjut membakar sampah, tepat di sisi utara gudang kayu jati milik Benni. Tak disangka, api dari pembakaran sampah itu menjalar ke atap gudang, kemudian pelan-pelan melalap kayu jati yang berada di dalam gudang.
Api pun berkobar hebat di dalam gudang kayu bekas itu.

Mobil pemadam kebakaran (damkar) datang untuk memadamkan api yang merajalela itu. Damkar sampai harus mengambil air dari sumur warga di sekitar gudang. Air itu dipompa dengan mesin untuk disemprotkan ke lokasi kebakaran. Si jago merah akhirnya bisa dipadamkan, dan tidak sampai menjalar ke bangunan lainnya.

“Saat itu, saya lagi tidur di dalam rumah. Saya lagi sakit. Tukang kebun saya yang namanya Pak Su, berteriak kebakaran. Saya bergegas keluar. Api ternyata sudah besar. Pak Su malah pulang, nggak bertanggung jawab,” ujar Benni sambil menatap gudangnya yang hangus dilalap api.

Rosje (43), putri Benni, mengatakan bahwa dalam gudang itu ada kayu jati dan bekas bangunan rumahnya, serta beberapa barang lain. Semuanya ludes dilalap api. “Saya nggak tahu berapa nominal kerugiannya. Yang pasti jutaan, kata Rosje yang baru datang ke lokasi setelah dikabari lewat telepon tentang kejadian itu.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Kraksaan Iptu Slamet menyampaikan, kejadian itu dipicu oleh pembakaran sampah di samping gudang. “Kami belum memastikan berapa jumlah kerugiannya. Di dalam gudang itu isinya kayu jati bekas bongkaran bangunan,” paparnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel