Peristiwa

4 Kambing Disantap Anjing Liar di Paiton


PAITON – Warga Desa Sumberejo, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo geger. Pasalnya ada anjing buas memangsa hewan ternak di wilayah setempat, Minggu (21/7) dinihari. Korbannya adalah 4 kambing milik warga setempat. Seekor di antaranya mati, tiga lainnya berhasil diselamatkan.

Dari informasi yang dihimpun Koran Pantura, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 03.00. Awalnya, peristiwa itu diketahui bermula dari hewan ternak milik Asan, (49) warga Dusun Kejawan. Saat itu, ia bersama istrinya, Suhanib (33), sedang istirahat di rumahnya. Sementara 5 ekor kambing miliknya berada di kandang belakang rumah. Ada juga 2 ekor sapi di kandang tersebut.

Ketika itu, kambing-kambing itu berteriak kencang. Suara itu terdengar oleh Suhanib. Ia lantas membangunkan suaminya dan memeriksa asal suara itu. Ternyata ia telah mendapati kambingnya diamuk oleh 2 hewan buas. Seekor kambingnya, ditemukan telah tak bernyawa dengan perut berlubang.

“Perut bolong dan hatinya habis dimakan hewan itu. Sementara 2 kambing lainnya berhasil saya tolong, hanya ada bekas gigitan di badan kambing. Saya melihat ada dua hewan buas di situ, bentuknya seperti anjing,” ungkap Suhanib, saat ditemui Koran Pantura di kediamannya.

Selang beberapa menit setelah itu, kejadian serupa juga dialami kambing milik Sutrisno (72) warga Dusun Matekan 1. Kejadiannya sekitar pukul 03.30. Saat itu ia bersama istrinya, Hawati (65), sedang tertidur juga.

Mendengar kambingnya berteriak, Sutrisno langsung bangun dan segera lari ke kandang kambing belakang rumahnya.
Pria lanjut usia (lansia) itu, menemukan anjingnya telah diserang hewan buas. Ia langsung mengambil celurit mengusir hewan tak diundang itu. Beruntung, kambing miliknya berhasil diselamatkan. Hanya bagian perut kambingnya ada bekas luka.

“Nggak sampai parah digigit sama hewan buas itu. Dengar suara teriakan kambing, saya langsung keluar. Saya melihat ada 3 hewan buas serupa anjing,” ujar Sutrisno.

Staf Dinas Kesehatan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo Nur Rahmad langsung mendatangi lokasi dan melakukan penanganan medis. Kambing yang selamat diberi obat B12 dan vaksin dengan cara disuntikkan. “Supaya dengan obat itu bisa membantu memulihkan hewan yang lemas akibat serangan hewan buas itu,” kata salah seorang staf. (yek/eem)


Bagikan Artikel