Peristiwa

Dapur dan Kandang Dilalap Api di Tegalsiwalan


TEGALSIWALAN – Namin (46), warga Dusun Krobungan Desa/Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo harus menerima kenyataan pahit. Dapur dan kandang kambing miliknya ludes dilalap si jago merah, Minggu (21/7) siang.

Syukur saja tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian dalam kejadian itu ditaksir sebesar Rp 3 juta.

Berdasar informasi yang dihimpun Koran Pantura, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu Namin bersama keluarganya tengah beristirahat di dalam rumahnya. Tak lama kemudian, ia mencium bau api dan barang-barang terbakar dari dapurnya. Ia segera bangun dan memeriksa sumber bau gosong itu.

Tak disangka, api telah berkobar di dalam dapur. Namun kemudian berlari keluar rumah bersama keluarganya, sambil berteriak minta tolong. Warga sekitar berdatangan. Mereka bergegas mencari air, lalu dengan peralatan seadanya, berusaha memadamkan api. 

Meski berusaha dipadamkan oleh warga sekitar, namun dapur kandang kambing milik Namin tetap terbakar api hingga rata dengan tanah. (Istimewa/Koran Pantura)

Api yang berkobar itu menjalar ke kandang kambingnya di belakang rumah. Beruntung, sebelum itu, Namin telah mengeluarkan hewan ternaknya dan mengamankannya jauh dari kobaran api. Akhirnya, api berhasil dipadamkan, tetapi  kandang dan dapur sudah hangus terbakar.

“Nggak tahu penyebabnya apa. Saya tahunya setelah pemilik rumah berteriak minta tolong. Warga langsung bergegas mencari air dengan berbagai cara untuk memadamkan api itu. Khawatir apinya juga menjalar ke rumah sebelahnya,” ungkap Rudi (25), salah seorang warga setempat.

Menurut Kapolsek Tegalsiwalan AKP Ida Bagus, api berawal dari sekitar dapur, kemudian menjalar ke kandang. Pihaknya dan warga serentak memadamkan api tersebut. “Diduga, kobaran api itu berasal dari bekas daun tebu kering yang berada di dekat dapur. Kemudian, daun itu terbakar dan menjalan ke dinding dapur yang terbuat dari anyaman bambu,” tuturnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel