Peristiwa

Rumah Warga Sumberkledung Ambruk Diterjang Angin Gending


TEGALSIWALAN – Malang nasib dialami Naron (44), warga Dusun Sumbersari RT 12 RW 3 Desa Sumberkledung, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.
Ketika Naron tengah bekerja di sawah, rumah miliknya ambruk akibat terjangan angin Gending, Selasa (16/7) sore.

Rumah yang ditinggalinya bersama dengan anak dan istrinya selama puluhan tahun itu mengalami kerusakan parah. Khususnya di bagian belakang rumah yang merupakan dapur. Alhasil kini kondisi rumah Naron pun sangat memprihatinkan. Sejumlah bagian rumah tersebut mengalami kerusakan parah. Dinding rumah pun retak dan rawan roboh jika kembali diterjang angin kencang.

Untuk menahan bagian dinding yang tersisa, Naron mengganjalnya dengan kayu seadanya. Tujuannya tak lain agar dinding yang tersisa dari rumahnya tak turut ambruk dan menimpa anggota keluarganya.

“Kejadiannya kemarin sore sekitar jam tiga, saat itu angin Gending bertiup sangat kencang tak seperti biasanya. Tapi Alhamdulillah penghuni rumah selamat karena kebetulan sedang bekerja di luar rumah, “ ungkap Neneng, Ketua RT setempat, Rabu (17/7) siang.

Gatot, salah seorang tetangga dari Naron mengatakan, salah satu faktor ambruknya rumah milik tetangganya adalah terjangan angin Gending yang cukup kuat. Selain itu juga karena faktor bangunan rumah Naron yang berusia tua.

“Rumah Pak Naron kondisi kayunya sudah lapuk, ditambah pondasinya berada di atas tanah bergerak. Jadi, sebelum ambruk pun rumah itu sebenarnya sudah mengalami keretakan di sejumlah bagian. Utamanya pada bagian dinding belakang dan samping rumah sisi timur,” sebutnya.

Terkait langkah pemerintah desa setempat, Gatot menerangkan bahwa Kades Sumberkledung Jenandi Satrio dan anggota Polsek Tegalsiwalan telah datang mengecek kerusakan. “Sudah datang semalam, tapi saya tidak tahu pak Naron bakal dapat bantuan apa tidaknya. Saya kurang tahu,” ujarnya.

Adapun Naron selaku pemilik rumah tak bersedia memberikan keterangan. Ketika akan ditemui Koran Pantura, ia memilih untuk menghindar dan enggan diwawancarai. “Sudah tidak usah diliput, saya tidak apa-apa,” katanya singkat. (tm/eem)


Bagikan Artikel