Peristiwa

Rakit Mercon, Rumah Meledak, Korban Luka Bakar Parah

GENDING – Ledakan terjadi di rumah dinas (rumdin) SDN Banyuanyar Lor, Kecamatan Gending. Kejadian pada Sabtu (22/6) pukul 23.50 itu mengagetkan warga, sebab ternyata atap dan sebagian tembok rumdin yang dihuni penjaga sekolah dasar tersebut sudah hancur berantakan.

Korban yang bernama Burhanudin (42) merupakan penghuni rumah itu. Diduga terjadi kecelakaan yaitu ada kesalahan merakit petasan jenis mercon. Maka Burhanudin menerima akibatnya, yakni mengalami luka bakar parah.

Kejadian itu dibenarkan oleh Polsek Gending. “Kami menerima laporan dari kepala desa Banyuanyar Lor, yaitu Bapak M. Yusup. Informasinya terjadi 1 kali ledakan di perum dinas SDN Banyuanyar Lor,” kata Kapolsek Gending AKP Ohim, kemarin (23/6).

Burhanudin harus dirawat secara intensif RS Wonolangan Dringu setelah terkena dampak mercon yang meledak di rumah dinas SDN Banyuanyar Lor.

Sementara dari hasil olah TKP dan keterangan saksi, lanjutnya, rumah dinas tersebut dihuni oleh Burhanudin (42), bersama keluarganya. Laporan awal, korban merakit petasan jenis mercon. Bukan untuk komersil, melainkan digunakan sendiri untuk acara hajatan keluarga. “Saat pembuatan mercon itulah  tiba-tiba ada yang meledak,” ujarnya.

AKP Ohim mengatakan, saat melihat kondisi korban dan TKP diketahui beberpa hal. Burhanudin mengalami luka bakar serius pada sebagian tubuh, terutama di bagian kaki dan tangannya. Korban dilarikan ke RSU Wonolangan Dringu untuk mendapatkan perawatan medis.

Kondisi rumah hancur sebagian. “Jadi tidak hanya korban luka, rumah yang dihuni Burhanuddin hancur di bagian atap dan sejumlah dindingnya,” papar AKP Ohim.

Polisi telah mengamankan barang bukti berupa 1 buah mercon yang sudah terisi mesiu, dan selongsong mercon yang belum terisi mesiu. “Kami telah mengamankan barang bukti dan meminta keterangan sejumlah saksi termasuk istri korban,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Dewi Korina menanggapi beberapa hal terkait insiden tersebut. Pihaknya belum ingin membicarakan tentang sanksi atas kelalaian penjaga SDN Banyuanyar Lor tesebut.

Pihaknya, mementingkan kemanusiaan dengan membantu penyembuhan korban. “Baru saja kami menjenguk korban, sementara masih fokus pada penyembuhannya dulu. Alhamdulillah sudah mendapatkan penanganan yang baik di RSUD Waluyo Jati,” kata Dewi. (ra/iwy)

Gara-gara mercon meledak, rumah dinas SDN Banyuanyar Lor mengalami kerusakan cukup parah. Atap dan tembok rumah tersebut runtuh.


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan