Peristiwa

Dalam Klenteng Ada Patung Berbahan Emas

PROBOLINGGO – Dalam Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Sumber Naga Kota Probolinggo ada banyak patung dewa yang disucikan umat Tri Dharma. Nah, ada salah satu patung di klenteng tersebut yang terbuat dari emas. Pada saat klenteng dilalap api pada Jumat (17/5) malam, belum diketahui nasib patung dewa yang terbuat dari emas itu.

Hal itu disebutkan Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin yang berada di klenteng saat kebakaran itu terjadi. Menurutnya, dari puluhan patung yang ada di dalam klenteng, ada satu patung terbuat dari emas.

Hanya, patung emas seberat sekitar 3,5 kilogram tersebut belum diketahui nasibnya. Didalam sana ada patung emas yang beratnya 3,5 kilogram . Itu patungnya, yang kelihatan dari sini. Paling belakang sendiri, ujar Walikota sambil menunjuk jejeran patung yang berada dalam kobaran api malam itu.

Walikota Hadi yang malam itu datang dengan mengenakan baju koko dan songkok putih, menyatakan bakal menambah jumlah unit pemadam kebakaran (damkar). Tak tanggung-tanggung, pemkot akan membeli 5 unit damkar lagi. Ya, kami akan tambah 5 unit lagi. Pengadaannya bertahap. Disesuaikan dengan dana, tandasnya.

Menurut Walikota, lima unit damkar tersebut terdiri dari damkar umum, seperti yang dimiliki pemkot sekarang. Masing-masing adalah damkar untuk bangunan tinggi seperti hotel dan pertokoan yang dilengkap tangga, dan damkar yang menggunakan bahan kimia (serbuk) pemadam api. (gus/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan