Peristiwa

Klenteng Sumber Naga Ludes Dilalap Api

PROBOLINGGO – Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) atau Klenteng Sumber Naga di Jalan WR Soeprtaman, Kota Probolinggo terbakar, Jumat (17/5) sekitar pukul 23.30. Akibatnya, bangunan utama rata dengan tanah. Sedangkan dua bangunan kiri-kanan yang mengapitnya, terbakar sebagian.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini. Namun diperkirakan, api muncul kali pertama dari lilin roboh, hingga api menyambar kain atau banner. Api kemudian menjalar hingga bertambah besar dan menyambar ke barang-barang yang mudah terbakar. Api pun berkobar membesar.

Api baru bisa dipadamkan sekitar 2 jam setelah 4 pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi kejadian. Tiga damkar milik pemkot dan 1 unit milik Pemkab Probolinggo.

Tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian di tengah malam tersebut. Sementara, barang-barang yang bisa diselamatkan hanya sedikit, yakni sarana peribadatan yang tersimpan di bangunan samping bangunan utama.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal dan Walikota Hadi Zainal Abidin turun langsung ke lokasi kejadian malam itu. Namun, keduanya mengaku belum tahu penyebab pasti kebakaran, maupun nilai kerugian dalam kejadian ini.

Namun dari beberapa informasi yang didapat, memang ada dugaan kuat bahwa api muncul dari lilin yang jatuh. Lilin berukuran besar yang diletakkan di depan bangunan utama roboh. Lilin yang meleleh kemudian merambatkan api hingga menyentuh barang yang mudah terbakar. “Informasi sementara yang kami terima seperti itu. Tetapi kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pastinya,” terang AKBP Alfian malam itu.

Sementara, berdasar informasi yang dihimpun di lapangan, tempat peribadatan yang sudah masuk cagar budaya Kota Probolinggo itu sebenarnya ada penjaganya. Namun, penjaga tinggal di samping belakang bangunan utama. Mereka baru mengetahui tempat yang dijaganya terbakar, setelah api membesar. (gus/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan