Peristiwa

Puting Beliung Terjang 2 Desa, Puluhan Rumah Rusak


WONOMERTO – Hujan disertai angin puting beliung menerpa Desa Kareng Kidul dan Desa Pohsangit Lor Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (23/3) sekitar pukul 14.00. Meski nihil korban jiwa, namun puluhan rumah dilaporkan rusak.

Hingga saat ini, sejumlah petugas dari BPBD, perangkat desa dan warga bahu membahu membersihkan pohon yang tumbang. Pohon roboh itu menutup akses jalan antar desa dan menimpa rumah.

Kades Kareng Kidul H. Suladi mengatakan, sebelum kejadian itu, di desanya terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Tak berselang lama, sejumlah pohon dilaporkan tumbang. “Bahkan ada atap rumah dibawa angin ke sawah, kejadiannya sangat cepat,” jelas Suladi.

Suladi menyebut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, akan tetapi banyak rumah di 2 desa yang mengalami kerusakan.

“Kami saat ini bersama pak camat masih menghitung berapa rumah yang rusak. Untuk korban dipastikan tidak ada,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, untuk jumlah terdampak angin kencang hingga saat ini masih dalam proses pendataan.

“Petugas saat ini masih di lapangan dan masih melakukan pembersihan dan pendataan,” tandasnya. (rul/awi)

Warga dan petugas BPBD Kabupaten Probolinggo mengevakuasi pohon yang tumbang menutupi jalan Desa Kareng Kidul, Sabtu (23/3).


Bagikan Artikel