Peristiwa

Sebelum Tabrakan, Ternyata Sempat Disundul Mobil Lain, Tewas 6 Orang


PAJARAKAN – Kronologi kecelakaan maut yang terjadi di jalur Pantura Desa Karanggeger, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (23/3), berhasil terungkap. Peristiwa yang menewaskan 6 penumpang Isuzu Panther yang melaju dari Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, itu terjadi karena human error.

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi menyampaikan, mobil Panther nopol N 1037 YP itu melaju dari arah barat. Sampai di lokasi kejadian, mobil itu hendak menyalip sebuah dump truk di depannya. Saat menyalip, dari arah berlawan ada kendaraan yang melaju kencang ke arah barat.

Sopir Panther terpaksa kembali ke jalur semula, ke arah kiri. Padahal sudah ada mobil lain yang menggantikan posisi Panther tersebut di belakang dump truk yang hendak disalip. Hasilnya, bagian belakang Panther disundul moncong mobil dimaksud.

“Ada bekas senggolan di bagian bokong panter,” ujar perwira Polri yang merupakan putra dari komedian Tukul Arwana itu.

Panther pun limbung ke kiri jalan. Mobil ini kemudian menghantam truk yang sesang parkir di bahu jalan.

“Kerusakan Panther ini parah di bagian moncong sebelah kiri,” ungkap AKP usai olah lokasi kejadian.

AKP Ega mengungkapkan, 11 korban kecelakaan tersebut merupakan satu keluarga besar di Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang. Mereka hendak pulang ke rumah orang tuanya di Desa Sokaan, Kecamatan Krejengan. “Korban terdiri dari 4 anak-anak, 5 perempuan dewasa, dan 2 pria dewasa. Total 11 orang,” sebutnya.

Dari 11 orang itu, 4 di antaranya meninggal dunia di lokasi kejadian. Sementara 2 lainnya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Sisanya masih ditangani tim medis RSUD Waluyo Jati Kraksaan. “Dari 5 yang dirawat, 3 di antaranya kritis,” kata AKP Ega.

Terkait penetapan tersangka, ia menerangkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Jatim. Sebab, peristiwa kecelakaan itu masuk kategori menonjol. “Kami akan koordinasi dengan pihak polda terkait kejadian ini,” katanya. (yek/eem)

1

Petugas Unit Laka Lantas Polres Probolinggo memeriksa kondisi truk yang diseruduk Panther di Desa Karanggeger, Kecamatan Pajarakan, Sabtu (23/3). (Abdul Jalil/Koran Pantura)


Bagikan Artikel