Peristiwa

Eks Karyawan PTKL Tolak Kehadiran PPA

LECES – Puluhan eks karyawan PT Kertas Leces (PTKL) kemarin (19/3) menggelar aksi demo. Dalam aksi di depan gerbang PTKL itu, para eks karyawan menyatakan menolak restrukturisasi atau pengambil-alihan pengelolaan pabrik oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

Lalu dalam aksi damai tersebut, para pendemo juga menuntut hak-hak normatif mereka yang belum dipenuhi oleh manajemen PTKL. Hak normatif yang dimaksud berupa gaji dan uang pesangon yang belum dibayarkan selama kurang lebih 4 tahun.

Eks karyawan PTKL menggelar aksi di depan gerbang PTKL untuk menyatakan penolakan terhadap upaya pengambil-alihan pengelolaan pabrik. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)

“Aksi kami ini mewakili ratusan eks karyawan PTKL lainnya yang nasibnya tak jelas karena hak-haknya semasa menjadi karyawan tidak kunjung dipenuhi oleh manajemen PTKL,” ungkap Asmawi, salah seorang perwakilan Sekar (Serikat Perkeja) PTKL, kemarin.

Dijelaskan Asmawi, puluhan pendemo yang menggelar aksi hari itu hanya segelintir anggota dari Sekar dan Paguyuban Karyawan (Pakar) Kertas Leces. Mereka  dalam 4 tahun terakhir terus berupaya memperjuangkan hak-hak para karyawan eks PTKL yang terkena PHK masal pada tahun 2014 lalu.

“Kami hanya menuntut dan memastikan agar manajemen pabrik membayarkan gaji dan pesangon kami selama menjadi karyawan di pabrik ini. Sehingga segala bentuk upaya dan akal-akalan yang nanti akan dilakukan oleh PPA pastinya akan kami tolak. Karena perusahaan ini sudah dinyatakan pailit,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Asmawi, siapapun pihak atau perusahaan yang hendak mengambil alih aset dan pengelolaan PTKL, wajib memberikan kompensasi berupa pemenuhan hak-hak eks karyawan PTKL yang sebelumnya terkena PHK.

“Jadi, jika PPA ingin merestrukturisasi pabrik ini,  wajib terlebih dahulu membayarkan Rp 121 miliar hak normatif 835 karyawan yang terkena PHK. Meliputi pesangon, gaji terutang, denda, THR, tunjangan pendidikan, dan biaya ongkos pulang,” sebutnya.

Sementara, hingga aksi demo itu kemarin diakhiri, tim akuisisi dari PT PPA belum datang ke lokasi PTKL dan menemui para pendemo. Walau begitu, pengawalan terhadap jalannya demo tersebut tetap terlihat ketat.

Ada puluhan anggota polisi dari Satuan Sabhara Polres Probolinggo yang diturunkan untuk mengamankan jalannya aksi demo tersebut. “Ada 2 peleton anggota polisi yang datang dan mengamankan aksi ini. Alhamdulillah, semua berjalan aman dan kondusif,” kata Kapolsek Leces Iptu Ahmad Sugandi. (tm/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan