Peristiwa

Ditimpa Pohon Tumbang, Atap SD Jebol


KOTAANYAR – Hujan deras dan angin kencang menyebabkan bencana alam di Desa Kedungrejoso, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Rabu (13/3) sore. Salah satu obyek penting yang terdampak bencana adalah SDN Kedungrejoso I yang atapnya tertimpa pohon jati yang tumbang. Akibatnya, atap salah satu ruang kelas sekolah itu ambruk.

Dari informasi yang dihimpun Koran Pantura, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 15.00 itu tidak menimbulkan korban jiwa. Sebab para siswa maupun guru sudah pulang sekolah. Saat itu, hujan deras dan angin kencang sedang melanda desa Kedungrejoso dan sekitarnya. Banyak warga yang keluar dari rumahnya karena khawatir rumahnya roboh tertimpa pohon tumbang.

Ahmad Fauzi (24), salah seorang warga yang rumahnya berjarak sekitar 50 meter dari SD tersebut mengatakan, pohon jati yang tumbang ke atap sekolah itu berukuran cukup besar. Selain membuat atap sekolah rusak, kejadian itu membuat kondisi di dalam ruang kelas di bawah pohon yang tumbang itu kacau balau.

“Pohon jati itu roboh menimpa atap sekolah. Setelah itu pohon-pohon lainnya yang bertumbangan. Di belakang rumah saya juga ada yang tumbang. Pokoknya banyak pohon yang tumbang,” ungkapnya via telepon.

Selain pohon, angin kencang juga menyebabkan listrik di wilayah Kedungrejoso padam. Pasalnya, ada pohon tumbang yang jatuh ke arah kabel PLN. “Hujan, angin, dan petirnya sangat parah di sini. Sampai sekarang masih padam,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, bencana di Kedungrejoso terjadi ketika hujan turun cukup deras dan angin kencang. “Petugas kami sudah langsung ke sana dan mengevakuasi pohon itu,” terangnya, kemarin.

Setelah hujan mereda, jajarannya bersama warga langsung memotong pohon tersebut agar bisa dievakuasi. Selanjutnya, mereka bersama-sama membersihkan dampak kerusakan yang menimpa SD tersebut. (yek/eem)

Sebuah pohon jati roboh dan menimpa bangunan SDN Kedungrejoso 1, Rabu (13/3) sore. Ada beberapa fasilitas yang ada di sekolah tersebut yang mengalami kerusakan. (Istimewa)


Bagikan Artikel