Peristiwa

Cegah Bencana, Normalisasi Sungai Pekalen

TIRIS – BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan normalisasi Sungai Pekalen, di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Ada tiga titik yang dinormalisasi sebagai upaya mencegah bencana banjir dan longsor susulan.

Kepala Pelaksana BPBD setempat Anggit Hermanuadi mengatakan, ada tiga lokasi yang dilakukan perbaikan dan normalisasi yang dinilai berdampak pada Desa Andungbiru. Lokasi pertama di bagian dekat jembatan dan rumah penduduk terdampak. Lokasi kedua di dekat kantor desa yang dilaksanakan pelurusan alur sungai. Serta di lokasi ketiga, berdekatan dengan sekolah.

“Selain itu, Dinas PU SDA Provinsi Jatim dengan instansi terkait, akan melakukan pemetaan zona bahaya banjir Sungai Pekalen. Diharapkan peta tersebut dapat digunakan oleh instansi yang berwenang, untuk mendukung upaya mitigasi dan kesiapsiagaan pada resiko bencana banjir bandang,” jelas Anggit, Minggu (10/3)

Perbaikan dan normalisasi sangat perlu dilakukan karena warga masih tetap bertahan tinggal di daerah rawan tersebut. Padahal, banjir bandang dan longsor susulan dimungkingkan terjadi dengan kondisi cuaca yang seperti saat ini.

Pemkab Probolinggo rencananya akan melakukan relokasi rumah yang berada di lokasi rawan bencana. Meski begitu, rencana ini masih terkendala lahan. “Upaya yang telah dilakukan adalah dengan  melakukan permohonan  kepada Perhutani sebagai pengelola lahan di sekitar desa tersebut melalui  Kementerian LHK dan Kementerian BUMN, agar menyediakan lahan yang dibutuhkan warga terdampak, namun tetap  sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Sekedar diketahui, normalisasi saluran Sungai Pekalen ini dilakukan dengan bantuan sejumlah personil dan alat berat. Bukan hanya itu, BPBD setempat juga bekerja sama dengan BPBD Provinsi Jawa Timur, serta Dinas PU SDA Jatim. (rul/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan