Peristiwa

Duh, Traffic Light Error

KRAKSAAN – Sudah 3 hari lampu traffic light di persimpangan empat Kelurahan Kraksaan Wetan Kota Kraksaan, bermasalah. Ini membuat banyak pengguna jalan banyak terkecoh, dan terpaksa berpapasan satu sama lain.  

Berdasarkan pantauan Koran Pantura di lokasi, lampu indikator jalan itu aktif dan berjalan normal. Hanya saja, ada kejanggalan saat melihat pada angka yang menunjukkan durasi lampu itu berganti. Biasanya angka itu menghitung mundur dari angka 20 hingga 1, kemudian berganti lah nyala lampu.

Sedangkan yang terjadi sekarang, angka mundur dari angka 10 ke 1. Kemudian berulang kali dari 10 ke 1. Itu terulang hingga tiga kali hingga akhirnya lampu merah berganti hijau. “Ini sudah berlangsung sekitar 3 hari yang lalu. Begini keadaanya, khawatir kalau di malam hari,” ungkap Saiful, warga desa setempat, Minggu (10/2).

Parahnya itu, lanjutnya, kalau ada kendaraan yang melaju kencang. Biasanya para pengendara kalau angka indikator itu sudah ada di angka 2, tak menurunkan kecepatan laju motor. Sebab, pikir mereka saat motor melewati traffic light angka sudah berganti 1 dan lampu berubah hijau.

“Biasanya pengemudi itu begitu kan. Nah kalau traffic light-nya begini, ya bahaya. Dikira sudah mau ganti hijau, nggak taunya malah belum. Dari kemarin banyak kendaraan yang terkecoh dan berpapasan di tengah persimpangan. Beruntung nggak ada korban jiwa,” jelas Saiful.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, pihaknya baru mengetahui kondisi traffic light tersebut. Karena itu bisa membahayakan pengendara, pihaknya hari ini akan mengecek dan memperbaikinya. “Kami besok (hari ini, red) akan cek dan perbaiki,” paparnya saat dikonfirmasi via telepon. (yek/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan