Peristiwa

Dalam Semalam Empat Motor Raib Dicuri


PROBOLINGGO – Sebanyak empat unit sepeda motor di desa Sumberkedawung kecamatan Leces kabupaten Probolinggo raib digondol maling pada Rabu (1/2) dini hari. Aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) itu bahkan sempat terekam jelas oleh kamera pengawas atau CCTV.

Salah satu rumah yang disatroni kawanan maling itu. Yakni rumah milik pasangan suami-istri (Pasutri) bernama Hasan Basri (65) dan Mariati (61), warga Gang Mawar, Desa Sumberkedawung. Di rumah pasutri itu, pelaku berhasil membawa kabur dua unit motor merk Honda Vario dan scoopy yang terparkir di teras rumah tersebut.

Dalam rekaman CCTV dirumah korban, tampak jelas pelaku yang mengenakan topi warna coklat, jaket dan celana warna hitam dengan leluasa masuk kedalam teras rumah. Hal itu setelah pelaku berhasil merusak gembok pintu yang mengunci pagar teralis besi setinggi sekitar dua meter itu.

“Pelaku masuk sekitar pukul 03.00 WIB, suami saya sedang mandi, sementara saya sedang memasak di dapur. Ketika pintu gerbang dibuka, saya sama sekali tidak mendengarnya,” kata Mariati pada Kamis (2/3).

Dalam rekaman CCTV itu pula, terlihat jelas kalau pelaku melengkapi dirinya dengan senjata tajam (Sajam) jenis celurit. Celurit itu diselipkan oleh pelaku dipinggangnya yang tampak sesekali mengintip kedalam rumah melalui kaca jendela untuk memastikan aksinya tidak ketahuan.

Setelah dirasa aman, pelaku dengan cepat merusak lubang kunci sepeda motor menggunakan kunci letter T. Kemudian satu persatu pelaku mengeluarkan sepeda motor dari teras rumah korbannya itu.

“Kalau dilihat malingnya lebih dari satu orang, karena tidak mungkin juga satu orang bisa bawa dua unit sepeda motor sekaligus. Bahkan helm yang ada disalah satu sepeda motor itu. Juga dibawa kabur kearah utara,” sebut Mariati yang tampak lesu setelah kehilangan kedua motornya itu.

Korban sendiri sebetulnya memilih tidak melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian setempat. Namun, karena video cctv viral setelah diunggah di media sosial, akhirnya dia melalui sang anak melapor ke Polsek Leces.

“Video pencurian yang terekam cctv viral, akhirnya polisi mendatangi rumah saya untuk membuat surat laporan pencurian. Akhirnya anak saya yang buat laporan itu,” tegasnya.

Sementara itu Kapolsek Leces AKP Rini Ifo Nila Krisna menyampaikan, jika kasus curanmor itu. Diduga dilakukan oleh kawanan yang sama dengan pelaku pencurian yang juga beraksi di malam yang sama.

“Malam itu ada total empat motor yang dicuri. Dua milik pasutri itu, dan dua lagi milik Supriadi yang juga warga desa Sumberkedawung. Disana dua unit motor Honda Supra juga hilang dicuri,” katanya.

Namun demikian, AKP Nila menegaskan kepada masyarakat untuk jangan khawatir. Karena pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan atas kasus itu.

“Saat ini kami tengah menyelediki kasus itu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini para pelakunya sudah bisa kami ringkus,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel