Peristiwa

Truk Tangki Mogok, Arus Lalu Lintas Macet Parah


PROBOLINGGO – Sebuah truk tangki gandeng mengalami mogok di ujung barat jembatan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (1/10). Akibatnya arus lalu lintas macet, sebab dari arah barat dan timur harus bergantian melintas.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, truk gandeng yang membawa dua tangki minyak itu mogok sekitar pukul 10.00 WIB. Hingga pukul 12.30 truk tangki itu masih mengalami mogok di jalur dari arah timur ke barat.

Akibatnya, kemacetan memanjang pada kedua jalur Pantai Utara (Pantura) Probolinggo-Situbondo itu. Dari arah barat ke timur kemacetan sampai di Desa Klasemen, Kecamatan Gending. Sedangkan dari timur ke barat kemacetan mengulur hingga SPBU Kebonagung, Kecamatan Kraksaan.

Mashudi, salah satu pengendara roda empat asal Kecamatan Besuki mengatakan, pihaknya tidak mengetahui jika ada truk tangki mogok di jalur tersebut. Sehingga ia tidak mengambil jalur alternatif untuk ke arah barat.

“Saya mau ke Kota Probolinggo, kalau saya mengetahui ada truk mogok pasti ambil jalur lain karena dari timur macetnya panjang. Tadi lebih dari 30 menit saya baru bisa melewati truk yang mogok di jembatan,” paparnya.

Meski dalam keadaan terjebak macet, ia masih merasa beruntung karena dalam perjalanannya ke Kota Probolinggo ia tidak ada kepentingan mendesak. Sehingga ia juga tidak terlalu terburu-buru dikejar waktu.

“Hanya mau main ke rumah keluarga yang ada di Kota Probolinggo. Tadi sekitar pukul 11.00 sampai di Kraksaan dan terjebak macet lama,” jelasnya.

Pengendara roda empat lainnya, Yuda mengatakan, dirinya harus terpaksa turun dari kendaraannya menuju rumah warga yang ada di Jalan Raya Pantura Kraksaan untuk menumpang kamar mandi.

“Barusan saya turun pinjem toilet ke rumah warga untuk buang air kecil karena sudah tidak tahan menunggu macet. Saya dari perjalanan dari Surabaya ini,” kata sopir asal Provinsi Bali itu. (ar/ra)


Bagikan Artikel