Peristiwa

Puluhan Jeriken dan Kendaraan Diamankan, Diduga Digunakan untuk Memindah BBM


PROBOLINGGO – Puluhan jeriken dan beberapa kendaraan diamankan Polsek Paiton, Jumat (2/9) lalu. Pasalnya, kendaraan maupun jeriken yang disita diduga digunakan sebagai sarana pemindahan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dari salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Kapolsek Paiton Iptu Maskur Ansori membenarkan jika pihaknya telah mengamankan puluhan jeriken dan beberapa kendaraan dimaksud. Menurutnya, penemuan jeriken dan kendaraan tersebut berawal dari adanya kebakaran di sebuah warung di Kecamatan Paiton pada Jum’at (2/9) sekitar pukul 22.10. Jarak warung dengan SPBU tersebut sekitar 150 meter.

Saat itu pihaknya bersama anggota Satlantas Polres Probolinggo tengah melakukan patroli di sejumlah titik. Termasuk di SPBU yang berada di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

“Ketika kami di SPBU, petugas mendapat laporan dari warga setempat bahwa ada sebuah warung terbakar. Petugas pun mendatangi lokasi dan benar di TKP ada sebuah warung terbakar,” kata Kapolsek, Senin (5/9).

Petugas pun melakukan pemadaman pada warung yang terbakar itu. Selanjutnya, pihaknya melakukan penelusuran dari mana penyebab kebakaran itu. Lalu ditemukan bahwa kebakaran tersebut dari satu unit sepeda motor.

“Api berasal dari satu unit sepeda motor yang terbakar. Tangki sepeda motor tersebut sudah dimodifikasi. Diduga sepeda motor itu digunakan untuk mengisi BBM dari SPBU lalu dipindahkan ke jeriken,” beber Kapolsek.

Tidak sampai di situ. petugas yang saat itu melakukan patroli menyisir area sekitar TKP kebakaran warung. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah kendaraan dengan tangki yang sudah dimodifikasi dan puluhan jeriken yang diduga menjadi sarana pemindahan BBM bersubsidi.

“Kemudian petugas melakukan introgasi kepada saksi-saksi, akan tetapi dari keterangannya, saksi tidak mengetahui siapa pemilik dari barang-barang yang diamankan oleh petugas,” beber Kapolsek.

Dari data kepolisian, petugas mengamankan 3 unit sepeda motor, 1 unit sudah dalam keadaan terbakar. Selain itu ada 65 buah jeriken berbagai ukuran tanpa isi dan 5 jeriken berisi BBM. Petugas juga mengamankan 2 keranjang jeriken dari besi, selang, dan corongan BBM. (ar/eem)


Bagikan Artikel