Peristiwa

Sapi Curian Milik Warga Besuk Ditemukan di Pajarakan


PROBOLINGGO – Seekor sapi hasil curian ditemukan dalam kondisi lemas di Dusun Bukol, Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (28/8) pagi. Belakangan, sapi tersebut diketahui milik Saprudin (65) warga Desa Klampokan, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo.

Kapolsek Pajarakan Iptu Eko Purwadi mengatakan, pihaknya mengetahui adanya penemuan sapi di wilayah hukumnya setelah mendapat laporan dari warga. Warga yang melapor juga tidak mengetahui pasti siapa pemilik sapi tersebut.

“Dalam laporan disebutkan bahwa sapi tersebut ditemukan dalam keadaan lemas. Kaki-kakinya dalam kondisi terikat,” katanya, Senin (29/8).

Setelah menerima laporan, pihaknya langsung menerjunkan anggotanya ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Hal itu dilakukan untuk melihat dan memastikan adanya penemuan sapi tersebut untuk kemudian dilakukan pengamanan.

“Setelah petugas kami sampai, benar ada seekor sapi jenis Semintal warna hitam, ada putihnya. Kakinya dalam keadaan terikat tali. Di sekitar TKP juga ditemukan dua sarung,” beber Kapolsek Pajarakan.

Di sisi lain, pihaknya telah mendapat informasi bahwa di Kecamatan Besuk telah terjadi aksi pencurian hewan (curwan). Sehingga, pihaknya melakukan koordinasi dengan Unit Reskrim Polsek Besuk.

“Kami berkoordinasi dengan Polsek Besuk karena mereka sebelumnya menginformasikan bahwa di Kecamatan Besuk telah terjadi curwan sapi. Kami meminta agar warga yang kehilangan sapi dipanggil untuk melakukan pengecekan pada sapi yang ditemukan warga Pajarakan sini,” ujarnya.

Setelah koordinasi dilakukan, korban bersama anggota Polsek Besuk langsung mendatangi TKP di Desa Krangbong untuk melakukan mengecek sapi yang ditemukan. Hasilnya memang benar bahwa sapi itu memang milik Saprudin.

“Sapi yang ditemukan itu memang milik Saprudin setelah dilakukan pengecekan. Sapi tersebut dilimpahkan ke Polsek Besuk untuk penanganan selanjutnnya,” kata Kapolsek Pajarakan.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Besuk AKP Achmad Gandi membenarkan adanya curwan di wilayah hukumnya. Pihaknya mendapat laporan dari korban bahwa ada kejadian curwan di wilayah hukumnya pada Minggu (28/8) sekira pukul 04.00.

Menindaklanjuti laporan itu, anggota Polsek Besuk dan warga lantas mencari sapi tersebut. Namun tidak membuahkan hasil. Sekira pukul 11.00, Polsek Besuk menerima laporan bahwa ada penemuan sapi di wilayah hukum Polsek Pajarakan.

“Selanjutnya korban bersama petugas kami melakukan pengecekan terhadap sapi tersebut dan ternyata benar sapi itu adalah sapi milik korban. Saat ini sapi sudah diserahkan kepada korban. Kami masih terus lakukan penyelidikan lebih lanjut untuk dapat mengungkap pelakunya,” kata Kapolsek Besuk. (ar/eem)


Bagikan Artikel