Peristiwa

Bakar Sampah, Rumah Ikut Terbakar sampai Ludes


PROBOLINGGO – Peristiwa kebakaran terjadi di RT/RW 006/004 Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (28/8) sekitar pukul 09.00. Kebakaran itu mengakibatkan satu rumah milik Misnawan, warga setempat runtuh dan hangus dilalap api.

Dari informasi Koran Pantura, kebakaran bermula saat si pemilik rumah membakar tumpukan sampah tepat berada di belakang rumahnya sekira pukul 09.00. Jarak antara tumpukan sampah yang dibakar dengan rumah sekitar 3 sampai 4 meter di belakang rumah.

Meski jaraknya sedikit jauh, namun angin yang lumayan kencang dari arah selatan membawa api menjalar ke rumah tersebut. Api lantas menjalar ke rumah. Beruntung, pemilik rumah sedang tidak di dalam rumah. Sebab seusai menyalakan api pada tumpukan sampah, si pemilik rumah keluar karena ada pekerjaan untuk mengantarkan pasien ke salah satu rumah sakit.

Api baru bisa dipadamkan setelah warga bahu membahu menyiramkan air dari sungai yang berada tidak jauh dari rumah tersebut. Namun karena rumah itu terbuat dari bahan kayu, bangunan dan isi rumah telah lebih dulu hangus dilalap api.

“Awalnya api itu memang dari sampah yang saya bakar di belakang rumah. Biasanya saya tunggu sampai api itu mati. Tapi ada pekerjaan, saya keluar untuk mengantar orang mau ke rumah sakit,” kata Misnawan, pemilik rumah.

Sementara Lurah Semampir Khairuddin mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga terkait adanya peristiwa kebakaran di kelurahannya. Ia pun melapor ke petugas pemadam kebakaran dan langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Warga sudah bahu membahu dan berhasil memadamkan api sebelum Damkar datang. Saat petugas pemadam kebakaran datang dan mobilnya tidak bisa masuk. Sehingga petugas membawa mesin penyedot air untuk mengantisipasi pembakaran di jalur bawah,” beber Lurah. (ar/eem)


Bagikan Artikel