Peristiwa

Kebakaran Warnai Malam Pergantian Tahun Baru Hijriah


PROBOLINGGO – Malam pergantian tahun baru 1 Muharram 1444 Hijriah diwarnai dengan peristiwa kebakaran, Jumat (29/7) sekitar pukul 17.30. Yang terbakar adalah rumah milik Hari Didik, warga Perum Kalirejo Permai, Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Dari informasi Koran Pantura, kebakaran menghanguskan seluruh isi rumah itu. Pemicunya diduga kuat akibat kobaran lilin yang jatuh dan menyambar bantal. Kemudian membakar karpet serta sofa yang ada di ruang tengah rumah milik mantan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Sesa Kalirejo itu.

Kepala Desa Kalirejo Kasiyadi membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran yang terjadi di Perum Kalirejo RT/RW 002/004 itu. Menurutnya, warga sempat bergotong royong untuk memadamkan kebakaran tersebut.

“Memang ada peristiwa kebakaran tadi di rumah salah satu warga kami,” ujarnya, Jumat (29/7).

Ia menerangkan, kebakaran itu menyebabkan pemilik rumah merugi hingga jutaan rupiah. Perabot rumah tangga seperti kulkas, sofa, dan sejumlah perabot lainnya ludes terbakar.

“Beruntung kebakaran itu tak sampai menimbulkan jatuhnya korban jiwa. Namun kerugian materi ditaksir hingga jutaan rupiah,” terangnya.

Witri, salah seorang tetangga korban pun mengaku sempat panik karena kebakaran itu. Sesaat setelah mengetahui adanya kebakaran yang menimpa rumah milik Hari Didik, para tetangga langsung mematikan seluruh instalasi listrik dirumahnya masing-masing. Tujuannya agar menghindari terjadinya korsleting listrik akibat kebakaran itu.

“Sempat panik tadi, karena namanya perumahan. Pastinya antara satu rumah dan rumah lainnya saling berdempetan. Namun kebakaran itu dengan segera bisa dipadamkan, dan semoga pemilik rumah diberikan kesabaran dan ketabahan,” terang Witri.

Sementara itu Kapolsek Dringu AKP Muhammad Dugel mengatakan, anggotanya telah diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Termasuk untuk meminta keterangan pemilik rumah dan mendata kerugian materi yang diderita.

“Kebakaran tersebut murni akibat kelalaian pemilik rumah yang tidak menyadari adanya lilin yang tak sengaja jatuh mengenai bahan yang mudah terbakar. Sehingga memicu terjadinya peristiwa kebakaran tersebut,” terang AKP Dugel. (tm/eem)


Bagikan Artikel