Peristiwa

Overload, Truk Pengangkut Sekam Terguling


GENDING – Akibat mengangkut muatan yang berlebih atau overload, satu unit truk pengangkut sekam terguling di ruas jalan Pantura kabupaten Probolinggo, Sabtu (23/7) sore. Beruntung dalam peristiwa tersebut tak sampai ada korban jiwa. Namun akibat kecelakaan itu arus lalu lintas sempat tersendat. 

Pantauan Koran Pantura, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 15.30 sore. Truk dengan Nopol N 8729 NJ yang sebelumnya melaju dari arah timur menuju barat. Secara tiba-tiba mengalami oleng pada saat melintasi tikungan di jalur pantura masuk desa Curahsawo, kecamatan Gending. Akibat muatan sekam yang terlampau overload. Bahkan sangat terlihat jelas kalau muatan yang diangkut tingginya nyaris dua kali lipat dari daya tampung bak truk. Sehingga ketika menikung diduga kuat, truk mengalami oleng ke sisi kanan hingga akhirnya terguling ditengah jalan. 

Alhasil sebagian isi muatan truk berupa sekam tumpah ketengah jalan. Dan sempat mengganggu para pengguna jalan, lantaran sekam yang diangkut diterbangkan oleh tiupan angin yang cukup kencang. 

Dikonfirmasi, Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo Iptu I Nyoman Harayasa menyampaikan bahwa kasus kecelakaan tunggal itu tak sampai ditangani oleh pihak kepolisian. Pasalnya pihak pemilik kendaraan dapat langsung mengevakuasi kendaraan sesaat setelah terjadinya kecelakaan. “Tidak sampai ditangani oleh unit laka. Kendaraan langsung bisa dievakuasi dan melanjutkan perjalanannya setelah kejadian itu,” ujarnya, Sabtu (23/7). 

Namun demikian, dikatakannya pihak kepolisian tetap mengeluarkan surat teguran berupa tilang terhadap pemilik kendaraan. Karena muatannya yang berlebih dan dianggap membahayakan keselamatan berlalu lintas.

“Sudah kami tindak sesuai dengan aturan lalu lintas yang ada. Sehingga identitasnya tidak perlu disebutkan,” tegasnya. 

Disebutnya kecelakaan tersebut murni akibat kelalaian pengemudi yang nekat mengangkut muatan melebihi kapasitas yang seharusnya. Meski bebannya ringan, bukan alasan bagi pengemudi truk untuk mengangkut muatan yang volumenya melebihi kapasitas yang diperbolehkan.

“Tinggi maksimal muatan sudah ada aturannya ditiap kendaraan niaga yang beroperasi. Kalau masih nekat akhirnya seperti ini, selain rugi di kendaraan, juga merugikan orang lain,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel