Peristiwa

PAUD dan TK Disegel, Puluhan Siswa di Maron Kidul Telantar


MARON – Dua lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo disegel oleh pemilik tanah. Akibatnya, PAUD Cerdik Ceria dan TK PKK Tunas Muda I itu tak bisa beroperasi. Sebanyak 83 murid yang bersekolah di dua sekolah itu akhirnya telantar dan tak bisa belajar.

Kepala sekolah TK PKK Tunas Muda I Supiyati Ningsih mengaku tidak tahu pasti apa permasalahan yang membuat sekolahnya disegel. Namun Ia menyebut bahwa yang melakukan penyegelan sekolah adalah pemilik tanah yakni Munawi.

“Saya tidak tahu pasti apa permasalahannya, Mas. Tapi bukan karena urusan Pilkades. Justru saya tahunya sekolah ditutup dari para wali murid yang menghubungi saya pada Minggu (20/2) kemarin,” ujarnya, Senin (21/2).

Menurutnya, tanah yang ditempati oleh bangunan sekolah PAUD dan TK itu merupakan tanah hibah. Pemilik tanah, yakni Munawi menghibahkan tanah seluas 180 meter persegi itu kepada Pemerintah Desa Maron Kidul pada tahun 2011 lalu.

“Status tanah yang kami tempati adalah tanah hibah dan sudah ada surat penyerahannya oleh pemilik tanah kepada pemerintah Desa lewat kegiatan PNPM-MP,” jelasnya.

Akibat penutupan ini pula, Supiya menyebutkan kegiatan belajar mengajar puluhan anak didik di PAUD dan TK yang dibinanya menjadi terganggu. Bahkan anak-anak kini belajar hanya beralaskan lantai atau belajar di teras depan ruang kelas mereka yang disegel.

“Kami tetap berupaya mengajar para siswa, meski pada akhirnya hanya beralaskan lantai. Entah sampai kapan kami akan seperti ini, Mudah-mudahan segera ada solusinya,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Maron Kidul Lukman Hakim menyampaikan bahwa permasalahan penyegelan 4 ruang kelas dan 1 kantor guru itu kini sedang coba dimediasi. Yakni antara pemilik lahan Munawi dan Pemerintah Desa Maron Kidul dengan Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Maron Kidul Sugianto.

“Saat ini kami sedang memediasikan permasalahan ini. Harapannya bisa segera dicarikan solusinya,” kata Lukman. (tm/eem)


Bagikan Artikel