Peristiwa

Lagi, Kecelakan Bus Borobudur


TEGALSIWALAN  – Armada bus PO Borobudur kembali mengalami kecelakaan. Kurang dari 1 bulan, 2 bus asal Jember ini telah telibat dua kali kecelakaan di wilayah Probolinggo. Yang terbaru, bus Borobudur nopol P 7064 UG mengalami rem blong dan menabrak pohon di tepian jalan Malasan, Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo, Selasa (1/2) siang.

Sebelumnya, tepatnya Sabtu (15/1) lalu, bus Borobudur nopol P 701 UG menyeruduk 4 kendaraan di traffic light Jalan Raya Bromo, Ketapang, Kota Pobolinggo. Bahkan dalam peristiwa itu menyebabkan 7 orang mengalami luka-luka.

Sedangkan dalam kecelakaan Selasa pukul 12.00, tidak sampai ada korban jiwa. Namun, karena kecelakaan tunggal itu, bagian body bus sisi depan mengalami kerusakan cukup parah. Selain itu, akibat keelakaan tersebut, arus lalu lintas yang menghubungkan Probolinggo – Jember menjadi terganggu.

Kanit Laka Polres Pobolinggo Ipda I Nyoman Harayasa mengatakan, sopir bus bernama Herul (45), warga Desa Kaliwining, Keamatan Rambipuji, Kabupaten Jember,  mengatakan bahwa busnya melaju dari arah selatan atau Jember menuju Probolinggo. Lalu mendadak busnya mengalami masalah pada fungsi rem, sehingga menabrak pohon.

“Pengemudi bus sudah berupaya melakukan pengereman untuk menghentikan laju bus. Namun karena mengalami rem blong, sehingga pengemudi memutuskan untuk menghindari keelakaan dengan kendaaan lainnya dan memilih banting setir ke sisi kiri jalan sampai menabrak pohon,” ungkapnya, Selasa (1/2).

Dijelaskannya pula bahwa usai menabrak pohon, pengemudi dan kenek bus langsung memastikan keselamatan para penumpangnya dengan mengecek kondisi puluhan penumpangnya.  Beruntung tak ada penumpang yang mengalami luka serius lantaran saat itu bus tengah sepi penumpang. “Tidak ada korban jiwa maupun luka, hanya kerugian materi menapai belasan juta rupiah,” jelas Ipda Nyoman.

Disebutkan bahwa saat ini kasus keelakaan lalu lintas itu tengah dalam proses penanganan Satlantas Probolinggo. “Kasus ini masih dalam penanganan kami. Untuk sopir dan bangkai kendaraan nantinya akan diamankan di markas Satlantas Polres Probolinggo,” tandasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel