Peristiwa

Lomba Merpati Balap Dibubarkan Polisi


KRAKSAAN – Polres Probolinggo membubarkan ajang lomba merpati balap yang meresahkan warga di Kelurahan Kandangjati Wetan Kota Kraksaan, Minggu (30/1) lalu. Total 93 ekor burug dara dan 9 sepeda motor disita Polisi dari arena lomba tersebut.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengungkapkan, pembubaran lomba merpati balap itu. Dilakukan lantaran adanya aduan dari masyarakat sekitar yang mengaku terganggu dengan adanya aktifitas lomba tersebut.

“Pembubaran lomba balap burung merpati itu. Dilakukan lantaran adanya pengaduan dari masyarakat sekitar. Terlebih lomba tersebut telah menimbulkan kerumunan dan tidak ada penerapan protokol keehatan sehingga dapat memiu penyebaran Covid-19,” ungkapnya, Senin (31/1) kemarin.

Disebutnya dari arena balap burung merpati tersebut. Anggotanya berhasil menyita sebanyak 93 ekor burung merpati balap dan 9 unit sepeda motor milik peserta atau pengunjung yang tertinggal di lokasi lomba.

“Puluhan merpati balap dan sepeda motor yang disita itu. Kini telah kami amankan di Mapolres Probolinggo. Selanjutnya kepada para pemiliknya harap mengambilnya di markas kami dengan menunjukkan bukti kepemilikan maupun membuat surat perrnyataan,” sebutnya.

Diterangkannya pula bahwa dalam proses pembubaran lomba merpati balap itu. Anggota tidak berhasil mengamankan satu pun peserta ataupun pengunjung lomba. Pasalnya ketika puluhan anggota polisi datang ke lokasi lomba, ratusan peserta dan pengunjung lomba langsung lari tunggang langgang langgang menghindari sergapan polisi.

“Ada yang lari ke areal persawahan dan ada yang lari ke area perumahan warga. Sehingga kami cukup kesulitan untuk mengejarnya,” terangya.

Sementara itu, Burhanuddin salah seorang penghobi merpati balap menyampaikan bahwa dirinya tidak mengira jika lomba tersebut akan dibubarkan polisi. Pasalnya dari pihak panitia menyatakan bahwa lomba tesebut sudah berijin.

“Kalau kami tahu bakal dibubarkan seperti itu. tentunya kami tidak akan ikut serta,” katanya singkat. (tm/ra)


Bagikan Artikel