Peristiwa

Ditinggal Anak Meninggal, Nenek Nekat Kendat


PROBOLINGGO – Warga Dusun Krajan, Desa Palangbesi, Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo, geger. Itu terjadi karena Tinara (73), seorang warga setempat,  ditemukan kendat atau gantung diri di kandang kambing rumahnya, Selasa (25/1) sore.

Peristiwa itu pertama kali diketahui cucunya, Yiyin, saat hendak mengangkat jemuran di belakang rumah korban. Yiyin mendapati Tinara telah gantung diri di bekas kandang kambing di belakang rumah.

Mengetahui kejadian tersebut, Yiyin langsung berlari dan memberi tahu kepada keluarganya, kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada kepala Desa Palang Besi. Mendapat laporan dari warganya, kepala Desa Palang Besi menghubungi petugas SPKT  Polsek Lumbang.

Kapolsek Lumbang AKP Muhamad Dugel mengatakan, setelah mendapat laporan itu, pihaknya bersama petugas medis Puskesmas Lumbang langsung mendatangi TKP. Dari hasil olah TKP, korban didapati telah tergantung di bekas kandang kambing di belakang rumah korban. Lehernya terikat tali tampar warna merah.

“Kemudian anggota kami menurunkan korban dan dilakukan visum luar oleh petugas medis Puskesmas Lumbang. Dari hasil visum luar petugas medis didapati bahwa korban tidak ada bekas luka akibat kekerasan fisik,” terangnya.

Ditanya motif gantung diri, AKP Dugel mengatakan, tetangga dan cucu korban menerangkan bahwa sejak November 2021 korban mengalami depresi. Itu setelah kedua anaknya meninggal dunia. Sejak itu korban seringkali mengatakan ingin segera mati juga agar bisa menyusul anak-anaknya.

“Atas kejadian gantung diri tersebut keluarga korban menerima. Keluarga korban juga menolak untuk dilakukan otopsi atas jenazah korban. Mereka juga membuat surat pernyataan penolakan otopsi jenazah korban,” tandasnya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel