Peristiwa

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Besuk


BESUK – Sejumlah rumah di 3 desa yang berada di Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo mengalami kerusakan akibat diterpa angin puting beliung, Jumat (14/1) sekitar pukul 15.50. Musibah tersebut terjadi berbarengan dengan hujan deras.

Camat Besuk Puja Kurniawan mengatakan, sementara ini pihaknya mencatat ada sekitar 5 rumah di Desa Klampokan, 21 rumah di Desa Kecik; dan 7 rumah di Desa Jambangan.

“Yang parah itu di Desa Jambangan dan Kecik. Kalau Klampokan tidak terlalu,” katanya.

Ia menyebut, kencangnya angin puting beliung itu sampai mengakibatkan salah satu rumah di Desa Kecik rusak berat. Kerugiannya bahkan diperkirakan mencapai Rp 20 juta. Sementara di Desa Jambangan ada rumah yang sampai roboh total.

“Ibu Siti Sulaeha yang punya rumah di Kecik harus dilarikan ke rumah sakit, karena tertimpa asbes rumahnya pada saat ada angin itu,” terangnya.

Tak hanya merusak rumah, musibah tersebut juga mengakibatkan sejumlah pohon yang ada di 3 desa itu roboh. Akibatnya, pohon yang roboh ke sisi jalan desa setempat membuat aktivitas lalu lintas warga tersendat.

“Untungnya masyarakat kompak, pohon-pohon yang tumbang ke rumah warga dan juga ke jalan langsung dibersihkan,” terangnya.

Lebih lanjut Puja mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus memantau dan mendata terhadap warga yang terdampak musibah tersebut.

“Untuk sementara ini, warga yang rumahnya belum bisa ditempati kami ungsikan ke rumah tetangga atau keluarganya. Dan kerugian materi sementara ini kami taksir mencapai seratus juta lebih,” paparnya.

Khoirur Rosikin, salah seorang warga Desa Jambangan, Kecamatan Besuk mengatakan, akibat tragedi tersebut, listrik di rumahnya padam.

“Saya dengar dari tetangga katanya banyak pohon roboh. Makanya pas hujan tadi listrik langsung padam, sampai sekarang,” ujarnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel