Peristiwa

KA Logawa Tabrak Inova Reborn, Empat Penumpang Tewas


TONGAS – Kecelakaan maut terjadi di perlintasan tanpa palang pintu, di Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Kamis (13/1) sore. Empat orang meninggal dalam kejadian ini.

Dari informasi yang dihimpun, kecelakaan bermula saat Toyota Kijang Innova dengan nopol L 1172 MW, lewat di perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu di Dusun Jaringan, Desa Bayeman. Sopir diduga sopir tak melihat kanan-kiri saat menyeberang, sehingga mini bus tetap melintas.

Pada saat bersamaan, dari arah barat muncul KA Logawa, jurusan Purwokerto – Jember. Karena jarak terlalu dekat, minibus langsung tertabrak KA. Bahkan mobil terseret sekitar 20 meter dari lokasi kecelakaan. Alhasil, 4 penumpang yang berada di dalam mobil tak tertolong.

“Mobil itu informasinya hendak ke tambak, yang ada di utara rel. Diduga tak melihat saat menyeberang sehingga tertabrak kereta api yang datang dari arah barat,” ujar Nawawi, warga sekitar lokasi.

Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian kemudian menghubungi petugas kepolisian dan RSUD Tongas. Empat korban yang meninggal di lokasi, langsung dievakuasi ke kamat mayat RSUD Tongas.

Setelah diidentifikasi, penumpang yang tewas adalah Andy Suwandy (40) warga Desa Sariwangi, Parongpong, Ciamis; Felik Imam Budi Rahardjo (45) warga Babatan, Wiyung Surabaya; Suryajaya Buyung Kuncoro (63), dan Andreo (20) warga Tambaksari, Surabaya.

Komandan Pleton Polsuska Daop 9 Jember Kapten Muhammad Halil mengatakan, berdasarkan informasi saksi, mobil memang melintas perlintasan tanpa melihat kanan dan kiri jalan. Sehingga KA yang sedang melaju juga tidak terlihat.

“Seluruh penumpang yang berjumlah empat orang tewas setelah mobil yang ditumpangi tertabrak kereta. Saat ini seluruh korban sudah dievakuasi dari TKP (Tempat Kejadian Perkara, red),” ujar Halil.

Empat penumpang mobil Toyota Innova tewas usai tertabrak KA Logawa di perlintasan Desa Bayeman, Tongas, Probolinggo. Seluruh penumpang mobil dengan nopol L 1172 MW yang tewas itu dievakuasi ke RSUD Tongas.

Kanit laka Satlantas Polres Probolinggo Kota Aiptu Yuli Eko saat dikonfirmasi mengatakan seluruh korban yang tewas adalah pria semua. Sebab sebelumnya dikabarkan bahwa korban terdiri dari dua laki-laki dan perempuan.

“Iya benar. Semua korban laki-laki,” ujar Yuli. (rul/eem)


Bagikan Artikel