Peristiwa

Diterpa Angin, Pohon Tumbang ke Jalan


PROBOLINGGO – Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Probolinggo, Minggu (9/1) sore. Akibatnya, sebuah pohon berukuran besar tumbang di Jln. Bengawan Solo di Kecamatan Kedopok. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kejadian itu membuat arus lalu lintas sempat tersendat selama beberapa saat.

Dari infomrmasi yang berhasil dihimpun, sebelum pohon tersebut tumbang, angin berembus cukup kencang selama sekitar 30 menit. Setelah itu, pohon yang berada di dekat sebuah pabrik tahu itu tumbang dan menutup Jln. bengawan solo. “Alhamdulillah gak ada korban jiwa, Mas,” ujar Jamal, warga yang berada di sekitar lokasi.

Kondisi tersebut direspons cepat oleh warga. Jamal dan bersama warga lainnya langsung melakukan pembersihan sambil menunggu datangnya petugas terkait. “Kami langsung melakukan pembersihan. Sebab yang penting jalan bisa dilalui sementara,” terang Jamal.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo Sugito Prasetyo meminta masyarakat lebih waspada jika terjadi angin kencang disertai hujan deras. “Kami sarankan agar tidak melakukan perjalanan atau berhenti sejenak hingga memang kondisi membaik, karena kalau kondisi seperti sekarang ini cukup rawan bencana,” imbaunya. Ia juga meminta agar masyarakat bisa ikut berperan aktif untuk melakukan pencegahan bencana. Termasuk mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah Kota Probolinggo. “Paling tidak, warga tidak membuang sampah sembarangan. Informasinya, musim hujan  masih berlangsung hingga Maret mendatang,” kata Sugito. (rul/eem)


Bagikan Artikel