Peristiwa

Kawanan Hiu Tutul Singgah di Pelabuhan Probolinggo


PROBOLINGGO – Kawanan hiu tutul singgah di perairan Probolinggo berpindah-pindah spot. Selain di pantai Dringu Kabupaten Probolinggo, mamalia pemakan plankton itu juga singgah di Pelabuhan Probolinggo.

Kawanan hiu tutul atau hiu paus (whale shark) muncul di perairan Probolinggo. Momen kemunculan kumpulan mamalia laut yang dilindungi itu  terekam kamera nelayan yang sedang melaut.

Kepala Seksi 6 Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Mamat Ruhimat membenarkan kemunculan hiu tutul di sepanjang Pantai Probolinggo. “Saat musim hujan hiu tutul atau whale shark memang rutin muncul di wilayah laut Probolinggo,” katanya, Selasa (4/1).

Mamat menilai kemunculan hiu tutul di laut Probolinggo karena laut Probolinggo sangat cocok untuk habitat mamalia ini dalam mencari makanan seperti plankton. “Biasanya hewan ini muncul beberapa bulan sepanjang musim penghujan datang,” jelasnya.

Meski hewan ini tergolong hiu jinak, Mamat meminta masyarakat dan nelayan untuk tetap berhati-hati dan tidak menyakitinya. “Kalau disakiti ya tentunya ngamuk juga. Sejinak-jinaknya hewan kan juga perasaan melakukan perlawanan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satpolair Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyakiti hewan ini. Karena hiu tutul merupakan mamalia atau hewan yang dilindungi.

“Terutama bagi nelayan di tengah mencari ikan di laut. Jika ikut terjaring agar hiu itu segera dilepas-liarkan kembali,” harapnya.

Sebelumnya, kawanan hiu tutul juga muncul pada awal Desember 2021. Kemunculan mamalia laut ini sempat diabadikan nelayan yang sedang melaut. (rul/iwy)


Bagikan Artikel