Peristiwa

10 Titik Jalur Bromo Longsor


PROBOLINGGO – Akses wisata Gunung Bromo via Probolinggo Jatim longsor di 10 titik, Rabu (24/11) sore. Itu terjadi karena kawasan tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Data yang dihimpun, longsor itu terjadi di sepanjang jalan dari Desa Sapikerep hingga Wonokerto Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

“Ada sekitar 10 titik longsor di jalan menuju wisata Gunung Bromo, diharap kepada pengendara jalan untuk tetap berhati-hati saat melalui jalur tersebut,” kata salah satu warga, Gondo.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Rahmad Waluyo melalui Kabid Kedaruratan Bencana, Sugeng S Yoga membenarkan kejadian tersebut. “Memang dari pantauan satelit dan laporan dari relawan, kawasan sukapura hujan lebat dan cukup lama dari pagi tadi, karena kondisi tersebut di beberapa titik mengalami longsor,” kata Sugeng.

Sugeng menambahkan pihaknya sudah menerjunkan personel TRC BPBD, dibantu TNI Polri dan warga sekitar. Mereka membersihkan material longsoran secara manual. “Yang penting akses jalan tetap bisa dilewati,” katanya.

Longsoran di 10 titik itu tersebar di sepanjang jalur wisata Gunung Bromo, seperti jurang kontrol, jurang perahu dan di sejumlah titik lainnya. BPBD pun meminta masyarakat untuk waspada ketika hujan turun apalagi kondisi seperti ini berlangsung hingga Maret tahun depan. (rul/ra)


Bagikan Artikel