Peristiwa

Pertamina Gerak Cepat, Akhirnya Toilet SPBU Digratiskan


PROBOLINGGO – Pasca viral video Menteri BUMN Erick Thohir ditarik uang kebersihan oleh penjaga toilet di SPBU Malasan Kulon di kecamatan Leces, Pertamina langsung bergerak cepat. Pertamina memutuskan menggratiskan seluruh toilet umum di SPBU Pertamina.

Hal tersebut terungkap dari pengakuan pengawas lapangan di SPBU Malasan Kulon Edy Saiful. Menurutnya, seluruh fasilitas toilet di SPBU Pertamina di Probolinggo telah digratiskan. Artinya tidak ada lagi pungutan uang berkedok uang kebersihan seperti yang biasanya terdapat di depan pintu toilet.

“Ada instruksi dari Pertamina kepada seluruh manajemen SPBU Pertamina di Probolinggo untuk menggratiskan fasilitas toiletnya mulai hari ini,” ujarnya, Selasa (23/11) kemarin.

Dijelaskan, dengan menggratiskan fasilitas toilet di SPBU tersebut, kini urusan kebersihan toilet sepenuhnya kembali menjadi tanggung jawab pengelola SPBU. Karena sebelumnya pengelola kebersihan toilet di SPBU. Diserahkan kepada vendor atau rekanan dengan sistem bagi hasil.

“Kini pengelolaan toilet umum itu menjadi tugas manajemen SPBU. Selain itu kami telah menyiapkan petugas kebersihan khusus untuk menjaga kondisi toilet itu agar tetap bersih,” Jelasnya.

Terkait viral video toilet SPBU yang diunggah Menteri BUMN Erick Thohir, Edy menyebutkan bahwa pada saat kejadian, yakni pada Sabtu (20/11) lalu dirinya sedang tidak ada di SPBU. Sehingga dirinya tidak mengetahui jika Erick Thohir datang dan menegur penjaga toilet di SPBU yang diawasinya itu.

“Saya kurang tahu detailnya. Namun berdasarkan laporan dari petugas pengisian BBM. Memang ada Menteri Erick Thohir yang datang dan menggunakan fasilitas toilet di SPBU. Adapun setelah kedatangannya kami langsung berinisiatif untuk menggratiskan fasilitas toilet sampai saat ini,” sebutnya.

Namun demikian, Edy mengatakan bahwa manajemen SPBU Malsan Kulon sama sekali tidak menyangka jika Menteri Erick Thohir bakal mengunggah video kunjungannya ke SPBU tempatnya bekerja itu. Bahkan dalam video berdurasi 1 menit 25 detik, terlihat jelas bahwa Menteri Erick Thohir mempertanyakan terkait dengan adanya tarif penggunaan toilet di SPBU yang diawasinya itu.

“Kami kira keberadaan toilet umum berbayar di SPBU, bukan hanya ada di sini, tetapi juga ada di daerah lainnya. Namun hal ini telah kami jadikan pembelajaran agar kedepan pelayanan kami lebih baik lagi,” ungkapnya.

Bahkan akibat viral video tersebut, kata Edy, internal Pertamina telah mendatangi SPBU Malasan Kulon pada Selasa (23/11) siang. Kedatangan petugas dari Pertamina itu untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) langsung ke SPBU. “Sidaknya dalam rangka apa, saya kurang tahu. Bisa tanyakan langsung ke Pertamina saja,” sebutnya.

Sementara itu, Corsec Subholding Commercial and Trading PT Pertamina (Persero) Irto Ginting memberikan penjelasan terkait tarif untuk fasilitas toilet di SPBU Malasan Kulon itu. “Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami akan sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel