Peristiwa

4 Rumah Warga Pakuniran Tertimpa Longsor


PROBOLINGGO – Sebanyak 4 rumah di Dusun Kalianyar, Desa Kedungsumur, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo tertimpa longsor, Senin (15/11) malam. Longsor terjadi akibat intensitas hujan yang tak kunjung berhenti.

Bendahara Desa Kedungsumur Slamet mengungkapkan, hujan turun sejak Senin pagi dan masih berlangsung hingga petang.

“Seharian hujan, Mas. Akhirnya ketika Maghrib, terjadi longsor yang menimpa bagian belakang 4 rumah warga kami,” katanya, Selasa (16/11).

Empat rumah itu adalah milik Saiful, Harto, Hedi, dan Nijan. Rumah-rumah itu lokasinya memang bersebelahan. Untungnya pada saat kejadian, para penghuni rumah tersebut berada di bagian depan rumah.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, cuma rumahnya itu yang rusak,” terang Slamet. 

Menurutnya, lokasi di belakang rumah tersebut memang rawan longsor. Hal itu cukup disadari oleh pemerintah desa setempat. Hal itu telah diantisipasi dengan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Tapi ini TPT-nya juga kena longsor. Tidak kuat menahan, karena memang hujannya deras,” paparnya.

Pasca longsor, Pemdes beserta warga sekitar langsung melakukan pembersihan area longsor. Mereka juga berusaha menyelamatkan beberapa barang milik korban yang masih bisa dimanfaatkan.

“Awalnya kan khawatir ada korban, makanya setelah hujan reda, warga langsung membantu melakukan evakuasi,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Forkopimka Pakuniran bergerak cepat dengan meninjau langsung ke lokasi sekaligus melakukan evakuasi bersama warga. “Kami forkopimka bersama warga telah melakukan kerja bakti pembersihan, selanjutnya bantuannya akan kami usahakan,” ujar Camat Pakuniran Imron Rasyidi.

Selain dari unsur Forkopimka, pihak Polres Probolinggo juga sudah mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan kepada para korban. Bantuan tersebut diberikan dengan tujuan untuk meringankan beban para korban.

“Polres Probolinggo bersama TNI dan Fokopimka Kecamatan Pakuniran, bergerak dan meninjau lokasi tanah longsor. Kehadiran kami di sini untuk membantu melakukan kerja bakti dan evakuasi serta memberikan bantuan sembako dari Kapolres Probolinggo”, ucap Kasat Sabhara Polres Probolinggo AKP Ahmad Jayadi. (ay/eem)


Bagikan Artikel