Pendidikan

East Java Green Scout Innovation 2020


 PAITON – East Java Green Scout Innovation 2020 Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, Zona 7 Probolinggo resmi digelar. Launching kegiatan itu dilakukan oleh Bupati Probolinggo yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Hj. P Tantriana Sari, Jumat (7/8).  

Acara itu dipusatkan di pelataran Candi Jabung, Kecamatan Paiton dan dihadiri seluruh pengurus dan anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Probolinggo. Pada kesempatan itu Kak Tantri menyatakan apresiasi atas kerja keras Gerakan Pramuka Kwarcab Probolinggo, sehingga melalui event ini ada bedah rumah untuk mengentaskan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Saya diberitahu, ada 7 rumah yang dibangun dengan anggaran Rp 350 juta. Berarti tiap rumah Rp 50 juta, dan itu luar biasa,” katanya. Kegiatan ini, lanjutnya, tidak hanya menyibukkan kader Pramuka, tetapi mengasah jiwa sosial dan jiwa mengayomi bagi masyarakat.

“Tidak hanya 7 orang yang akan tersenyum atas pembangunan (RTLH) ini, tapi 7 dikali satu keluarga, termasuk kepala desanya, termasuk tetangga. Insha Allah ini jadi ladang amal bagi para kader Pramuka,” jelas Kak Tantri.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Wabup Probolinggo H.A. Timbul Prihanjoko merinci beberapa hal. Sebagai panitia penyelenggara, Kak Timbul mengatakan selain pemugaran rumah menjadi layak dan sehat, ada pembagian 100 tempat sampah dan 1 unit gerobak sampah.

“Pembuatan 1 unit gapura, pengecatan pagar, kegiatan bersih-bersih. Pembagian 150 paket bahan pangan, penanaman pohon dan bunga. Pelaksanaannya juga turut menegakkan Physical Distancing,” ungkap Kak Timbul. (ra/adv)


Bagikan Artikel