Pendidikan

SMK Mini Darul Mukhlashin Resmi Dilaunching


TEGALSIWALAN – Dinas Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Provinsi Jawa Timur resmi melaunching SMK Mini di SMK Darul Mukhlashin, Desa/Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo, Senin (10/2) lalu.

Dengan peresmian ini, maka di Kabupaten Probolinggo sudah ada empat SMK Mini. Kegiatan itu bertema “Pelatihan Produksi pembuatan rak dari bahan besi Hollow dan stainless dengan cara pengelasan”.

Kepala SMK Darul Mukhlashin Salikin SPd I dalam sambutannya mengatakan, SMK Mini merupakan salah satu progam bentukan Pemprov Jatim yang berada di Pondok Pesantren. Program itu diluncurkan oleh Gubernur Jatim kala itu, Soekarwo.

“Di Kabupaten Probolinggo sendiri baru ada empat SMK Mini, dan salah satunya adalah SMK Darul Mukhlashin di Kecamatan Tegalsiwalan ini,” ujar ustad Salikin disambut tepukan audiens.

Ia menjelaskan, SMK Mini adalah salah satu progam diperuntukkan Sekolah Menengah Kejuruan berbasis pesantren. Meski berbasis pesantren, namun lembaga ini masih di bawah pengawasan Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Jawa timur.

Camat Tegalsiwalan A’at Kardono yang juga hadir dalam giat tersebut menerangkan, berdirinya SMK Mini bertujuan mengurangi angka pengangguran di Jawa Timur. “Siswa dan siswi SMK Darul Mukhlashin harus mampu memanfaatkan semaksimal mungkin pelatihan pengelasan yang diselenggarakan selama 3 hari ini,” terang Camat A’at.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Darul Mukhlashin KH. Mahfudz Basya memaparkan, program SMK Mini ini dilakukan oleh siswa dan siswi. “Tujuannya untuk menciptakan ide-ide yang lebih kreatif lagi,” tuturnya.

Ia berharap, setelah lulus para pelajar mampu bersaing menghadapi era milenial. “Target utama dari sekolah ini adalah menciptakan SDM unggul, baik hard skill maupun soft skill,” tegas KH Mahfudz Basya. (awi/adv)


Bagikan Artikel