Pendidikan

Angkot Jadi Angkutan Pelajar

KRAKSAAN – Upaya untuk menghidupkan angkutan kota (angkot) di Kraksaan tidak hanya dilakukan secara online. Dinas Perhubungan (Dishub) berencana menjadikan angkot Kraksaan sebagai angkutan pelajar di Kraksaan.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan angkot yang ada di Kraksaan memang diarahkan pula pada angkutan pelajar. “Kedepan kami harapkan ada subsidi sebagai angkutan pelajar, nah aturannya bagaimana nanti akan kita kaji dan bahas dulu di internal dan beberapa OPD, mudah mudahan Komisi C mendukung ini,” kata Heri, Rabu (11/12).

Heri mengatakan, sejauh ini angkutan pelajar di Kraksaan memang belum ada. Nah, setelah adanya angkot di Kraksaan ini pula nantinya tidak hanya untuk masyarakat umum, tapi justru menjadi moda transportasi favorit pelajar. “Pelajar pula juga sudah melek IT. Nah nanti jelas bisa memesan langsung,” jelasnya.

Kanit Laka Polres Probolinggo Iptu Nyoman Harayasa menyambut baik rencana ini. Salah satunya yakni bisa mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar. Sebab, menurutnya, di lapangan masih banyak ditemukan siswa yang mengendarai sepeda motor tanpa dilengkapi dengan SIM. “Kalau bisa jangan lama lama menerapkan ini, karena memang asas manfaatnya banyak,” terangnya.

Sementara, Ketua Komisi C DPRD Supoyo mengatakan pihaknya saat ini mendukung adanya program tersebut, apalagi untuk mengurangi potensi resiko kecelakaan. “Bagaimana penerapannya nanti akan ada pembahasan lanjutan, yang jelas kami mendukung program ini apalagi untuk menghidupkan moda tranportasi umum di Kraksaan,” katanya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan