Pendidikan

IPNU-IPPNU Gelar Seminar Pendidikan


PROBOLINGGO – Pengurus Anak Cabang IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Kecamatan Leces menggelar seminar pendidikan, Selasa (6/8) lalu. Melalui seminar dengan tema “Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa” itu, IPNU-IPPNU mengajak ratusan anggotanya untuk giat belajar dan berorganisasi.

Pada kegiatan yang dilangsungkan di kantor Desa/Kecamatan Leces itu, organisasi pelajar ini menghadirkan Ubaidillah Afief sebagai narasumber. Ia adalah seorang Dosen IAIN Jember dan praktisi pendidikan asal Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Dalam paparannya, Ubaidillah menerangkan bahwa pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi. Pendidikan disampaikan melalui pengajaran, pelatihan, serta penelitian.

 

Ubaidillah mengatakan, ada 3 hal yang patut dipenuhi oleh pemuda. Yakni kemauan menimba ilmu, aktif berorganisasi, dan peduli terhadap sesama.

“Para pemuda sudah seharusnya giat belajar, giat berorganisasi dan giat melakukan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, maka Indonesia akan lebih berkarakter,” terangnya.

Karakter bangsa sebagai perilaku kolektif menurut Ubaidillah, tercermin dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa, dan perilaku berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya, ia mengapresiasi seminar pendidikan tersebut.

“Semoga IPNU-IPPNU bisa mencetak pemuda yang berkualitas dan siap berkompetisi,” harapnya.

Muhammad Yunus, ketua panitia seminar berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi para peserta. Seminar tersebut digelar untuk menggugah kreativitas dan semangat para pelajar untuk mengembangkan potensinya sebagai generasi bangsa.

“Kami berharap kalangan pelajar, khususnya di Kecamatan Leces, dapat menjadi penerus bangsa yang berkualitas sesuai dengan karakter masyarakat ketimuran,” harapnya. (ra/eem)


Bagikan Artikel