Pendidikan

Kontingen Kabupaten Probolinggo Berangkat ke Porprov VI Jatim


KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi memberangkatkan 141 atlet dan 58 official tim dari 21 cabor yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur pada 6 Juli mendatang, Selasa (3/7).

Dalam acara pelepasan tersebut, tampak hadir sejumlah pejabat. Di antaranya Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto, Sejumlah perwakilan OPD dan Ketua Pengkab cabang olahraga (cabor), serta Kepala SMA/SMK Negeri/Swasta tempat para atlet bersekolah.

Kepala Disporaparbud Sugeng Wiyanto dalam sambutannya menyampaikan, besar harapannya agar Kabupaten Probolinggo di tahun 2023 mendatang menjadi salah satu tuan rumah Porprov. Yakni bersama dengan Kota Probolinggo dan Kota Pasuruan.

“Terkait hal tersebut kiranya perlu kajian bersama dengan melibatkan semua instansi terkait memberikan respon terhadap harapan KONI Jawa Timur. Karena sebelumnya Kabupaten Bondowoso dan Lumajang telah mengajukan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah porprov selanjutnya,” ungkapnya.

Sementara Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengatakan, semua aspek kesiapan atlet telah dilakukan. Mulai dari rekruitmen atlet berbakat lewat gelaran Porkab, dilanjutkan dengan pemusatan latihan atau training center cabor-cabor unggulan yang memiliki potensi medali, hingga try out, try in, serta mengikuti kejuaraan tingkat regional dan nasional.

“Meski ditinggal oleh beberapa atlet peraih medali di porprov Banyuwangi, kami yakin dengan komposisi atlet yang ada saat ini mampu menembus posisi 12 besar daerah peraih medali terbanyak,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko mengatakan momentum penyelenggaraan Porprov kali ini patut dijadikan sebagai ajang pembuktian diri atlet. Yakni untuk dapat naik kelas dan membuktikan diri sebagai salah satu atlet terbaik di Jawa Timur.

“Prestasi adalah suatu proses panjang yang harus dilalui dan diperjuangkan oleh seorang atlet. Adapun Porprov kali ini, merupakan sarana dan ajang unjuk gigi bagi para atlet atas segala bakat dan potensi yang dimilikinya,” ujarnya.

Wabup Timbul berpesan agar para atlet menjaga kesehatannya sehingga tidak down saat bertanding. Termasuk juga dalam hal asupan nutrisi yang harus dipenuhi dengan baik. Sehingga nantinya tak sampai mengganggu persiapan atlet saat hendak bertanding. “Atlet harus selalu fokus memikirkan bertanding, bertanding, dan bertanding. Di luar itu jadi tanggung jawab official tim,” tegasnya.

Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan panji kebesaran KONI dari Wabup Timbul Prihanjoko kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko. Selanjutnya diakhiri dengan pemberian ucapan selamat berjalan dan bertanding kepada seluruh atlet dan official Porprov Kabupaten Probolinggo. (tm/adv)

Ratusan atlet dan official kontingen Porprov dari Kabupaten Probolinggo telah resmi diberangkatkan menuju lokasi Porprov VI Jatim. (Tunjung Mulyono/Koran Pantura)


Bagikan Artikel